Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Bekerja
Anda pasti pernah memiliki pengalaman bekerja pada suatu
perusahaan yang tidak Anda sukai? Atau mungkin saat ini Anda tengah
menjalaninya?
Bekerja di awal-awal bulan rasanya masih dapat dinikmati
sebagai suatu pengalaman yang baru, perkenalan dengan jenis pekerjaan,
lingkungan kantor, dan sebagainya. Tapi, apa jadinya kalau ternyata pekerjaan
yang tengah dijalani ini benar-benar tidak menyenangkan?
Beberapa orang yang beruntung dapat segera mengundurkan diri
dan mencari perusahaan yang sesuai dengan keinginannya, sementara beberapa
orang lainnya tidak bisa keluar karena telah terikat kontrak. Jika Anda
termasuk salah satunya, berikut cara agar Anda sedikit mendapat ‘pencerahan’
dari rasa yang menjemukan di kantor.
Tahap 1: Menerima Kenyataan
Membutuhkan sedikit kerja keras untuk menerima kenyataan
bahwa Anda sedang menjalani pekerjaan yang ternyata tidak Anda sukai. Hal
pertama yang harus dilakukan adalah menerima kenyataan dan berusaha
merefleksikannya dalam hidup Anda. Anda dapat melakukan kritik terhadap diri
sendiri dan mulai menganalisa situasi. Kritik terhadap diri sendiri baik
dilakukan semata-mata untuk mencari jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi.
Ajukan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri, seperti apa
motivasinya menerima pekerjaan ini? Apakah karena faktor uang, lokasi, batu
loncatan menuju sesuatu, atau lainnya? Beberapa pertanyaan itu akan memperjelas
tujuan dari mana Anda memulai dan di mana Anda saat ini. Kemudian, buatlah
catatan tentang harapan yang diinginkan dengan kenyataan yang telah didapat
saat ini.
Contohnya:
Saya mengambil pekerjaan ini karena ini adalah pekerjaan
pertama setelah saya lulus kuliah. Saya menjadi… atau saya harus mengembangkan
posisi dan karir saya lebih dari ini... Saya mengambil pekerjaan ini karena
gajinya besar.
Kalimat-kalimat dasar tersebut dapat membantu mengatur
pikiran Anda agar lebih teratur ketika berada dalam suatu masalah. Setelah
melakukan tahap pertama ini, sekarang beralih ke tahap selanjutnya.
Tahap kedua: Melihat Perspektif Lain dari Pekerjaan
Setelah Anda membuat rangkaian masalah dengan urutan
beberapa hal seperti pada tahap pertama, perhatikan, apakah hal tersebut telah
mengganggu Anda? Beberapa orang yang membuat hipotesis tersebut merasa tidak
dapat menguasai posisi mereka saat ini.
Jika hal ini terjadi pada Anda, cobalah untuk berbicara
kepada atasan dan katakan bahwa pekerjaan tersebut tidak memotivasi dan
memberikan kemajuan bagi karir Anda. Tapi, jika ternyata usaha yang dilakukan
tidak berhasil, cobalah menahan diri dan berusaha melihat pekerjaan dengan
perspektif yang lain. Cara ini akan menyadari Anda bahwa pekerjaan yang
dimiliki tidak seburuk yang Anda bayangkan.
Tahap Ketiga: Mencari Kegiatan Lain yang Menyenangkan
Ketika Anda sangat tidak menyukai pekerjaan dan benar-benar
merasa depresi melakukan segala tanggung jawab yang diberikan kepada Anda,
cobalah melakukan kebiasaan sehat seperti berolahraga, dan meluangkan waktu
bersama teman-teman dengan kegiatan positif.
Menyalurkan hobi menjadi sebuah
kebiasaan adalah salah satu bentuk yang dapat Anda lakukan untuk menstimuli
perasaan positif dari dalam tubuh dan menetralisir perasaan jenuh selepas
pulang dari kantor.
No comments
Post a Comment