• Breaking News

    Cara Praktis Membuat Pizza Tanpa Oven Hanya 10 Minit

    Kita bisa membuat pizza yang enak seperti yang ada di toko pizza walaupun hanya berbekal wajan anti lengket (teflon). Cocok untuk anak kos-an yang suka eksperimen masakan. Sekali lagi ini bukan pizza "mie instan" khas anak kos yang sudah merakyat itu yah, ini pizza beneran dengan adonan roti pada base-nya. Untuk topping disesuaikan dengan isi kulkas dan lemari dapur, untuk topping daging-dagingannya saya bagi dua, topping bakso dan smoked beef. 


    Selain praktis, base pizza terasa empuk seperti yang di oven, pas sekali buat yang lagi buru-buru sarapan 
    Berikut caranya :

    Bahan:
    Dough:
    140 gr tepung terigu protein sedang
    1¼ sdt baking powder
    ¼ sdt garam
    100 ml air
    1 sdm minyak zaitun

    Topping yang saya pakai (sesuai selera):
    Saus bolognese kemasan, mayones, brokoli, smoked beef /daging asap, bakso, paprika merah, tomat cherry, keju slice/lembaran & keju cheddar.

    Cara membuat:
    1. Campur tepung terigu, baking powder dan garam
    2. Tuangkan minyak dan air sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Uleni sebentar hingga agak kalis. Adonan memang agak lembek/basah, taburi telapak tangan dengan sedikit tepung agak tidak lengket di tangan. Bulatkan. Diamkan 30 menit dalam keadaan tertutup.
    4. Siapkan wajan anti lengket, oles dengan margarin. Letakkan dough pizza di atasnya, tekan-tekan dengan jari hingga melebar ke seluruh permukaan hingga merata (saya buat tipis).
    5. Oleskan saus dan mayones secukupnya secara merata, taburi dengan bahan topping lainnya yang diakhiri dengan taburan keju cheddar parut. Tutup atasnya.
    6. Masak diatas api kecil 10 menit saja (kalau dough-nya tebal memakan waktu lebih lama). Pizza akan matang bila dough pinggiran pizza sudah terlihat mengering, bisa diuji dengan garpu. Angkat. Dinginkan sebentar karena topping masih basah oleh lelehan keju slice. Potong-potong. Santap... (>
    Selamat mencoba.