• Breaking News

    Info Lowongan CPNS Kemenag OKTOBER 2015 - 2016



    Kontroversi adanya penerimaan calon pegawai negeri sipil tahun ini nampaknya membuat banyak orang menjadi harap-harap cemas dan sepertinya banyak yang akan kecewa karena pemerintah pusat sudah sangat jelas akan menunda pendaftaran rekrutmen ASN baru hingga tahun 2016 nanti.


    Sebagai salah satu Kementerian yang memiliki jaringan  hinga ke pelosok dengan jumlah pegawai yang jumlahnya besar maka tentu Kemenag menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi untuk menjadi PNS di Kemenag tak hanya sebagai pegawai staf tapi juga ada yang bekerja sebagai dosen, penyuluh, guru, hingga petugas haji. Bnayak unite kerja di dalam kementerian ini membuatnya menerima ribuan calon pegawai setiap ada rekrutmen yang dilakukan. Tapi tentu saja anda harus memenuhi persyaratan yang dibutuhkan kalau ingin emnjadi bagian dari Kementeran Agam RI.

    Pada tahun 2013 dan 2014, jadwal penerimaan CPNS Kemenag selalu dilakukan agak lebih lambat dibanding instansi lainnya di pusat. Hal ini mungkin disebabkan oleh penghitungan kebutuhan formasi yang agak ribet dan berbeda dari yang lainnya. Jadwal pendaftaran CPNS Kementerian Agama 2015 nampaknya tidak ada untuk penerimaan umum, namun anda bisa mencari tahu informasi penerimaan khusus yang dilakukan di unit atau kantor, bahkan kampus/universitas, sekolah yang berada id bawah naungan kementerian ini.




    Seperti tahun sebelumnya, info lowongan CPNS Kemenag 2015 akan ditampilkan pada situs resmi Panselnas yaitu di https://panselnas.menpan.go.id atau melalui website resmi kementerian ini dengan alamat www.kemenag.go.id. Hingga posting ini diterbitkan belum ada tanda-tanda bahwa tahun ini akan ada rekrutmen terbaru.

    Tapi bagi yang berminat untuk menjadi abdi negara, ada info CPNS Kemenag terbaru yang wajib anda ketahui bahwa nantinya seleksi atau ujian saringan menjadi pegawai negeri sipil akan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test), dimana setiap peserta akan dihadapkan pada satu unit komputer yang sudah diinstal sebuah program yang menampilkan pertanyaan tes kompetensi dasar. Dan bahkan kabarnya untuk penerimaan terbaru nanti juga akan menerapkan sistem CAT pada tes kompetensi bidang. Jika anda melamar di instasnsi pusat siap-siap saja melalu TKD, TKB, Psikotes hingga wawancara oleh pejabat kementerian tersebut.

    Bagaimana dengan persyaratan umur dan nilai IPK? Ini yang menjadi dilema bagi yang usianya sudah matang karena rata-rata kementerian hanya menerima yang berusia antara 27-30 tahun, kemudian nilai IPK yaitu 3.00 ditambah lagi syarat akreditasi jurusan minimal B. Tentu saja ini berat tapi bagi anda yang merupakan lulusan kampus ternama akan mudah melaluinya. Berita terbaru CPNS Kemenag bisa anda pantau di situs resmi yang yang disebutkan tadi.

    Lalu jurusan apa saja yang diterima pada penerimaan CPNS Kemenag? Banyak jurusan, terutama yang terkait dengan Agama. Contohnya lulusan S1 Pendidikan Agama Islam / Tarbiyah banyak dalam formasi CPNS Kemenag, kemudian jurusan Sastra Arab, Teknik Informatika/Teknik Komputer, Bahasa Inggris, Administrasi Negara, Akuntansi dan jurusan lainnya yang terkait dengan fungsi kementerian ini. Jika anda merasa jurusannya tidak ada di Kemenag maka tak ada salahnya dan mungkin lebih bagus kalau anda mencoba lowongan CPNS Kementerian Keuangan tahun 2015 yang juga masih jadi buruan calon peserta tes CPNS.

    No comments