• Breaking News

    Inilah Batas Maksimal Usia Persyaratan Pendaftaran CPNS 2015

    Inilah salah satu persyaratan yang terkadang membuat galau calon pelamar menjadi calon pegawai negeri sipil, karena terkadang umur sudah melampau kualifikasi yang dibutuhkan di suatu instansi baik yang berlaku di pusat maupun daerah. Apakah umur 40 tahun masih bisa mendaftar? Jelas sudah tidak bisa kalau melalui jalur umum.


    Agar anda tidak kecewa, sebaiknya simak penjelasan dan ilustrasi singkat yang akan admin jabarkan nanti. Langkah awal yang mesti anda persiapkan tahun ini adalah tentukan dimana anda akan melamar, dalam hal ini instansi apa atau daerah yang mana. Kalau pusat biasanya persyaratan umurnya akan cukup ketat dan rata-rata meminta yang lebih muda. Sedangkan di daerah kebanyakan berpatokan pada peraturan pemerintah yaitu maksimal 35 tahun.


    Contoh yang paling banyak membuka formasi CPNS setiap tahun adalah Kementerian Keuangan, tahun 2014 yang lalu mereka merekrut kurang lebih 9.000 orang dan syarat usia yang dibutuhkan adalah maksimal 27 tahun. Tentu ini sangat memberatkan bagi yang sudah lama lulus dari kampus, kebanyakan yang lolos adalah calon yang masih fresh graduate. Sedangkan di BKPM atau Badan Koordinasi Penanaman Modal yang kurang diketahui banyak orang kalau ada lembaga ini, tahun lalu syaratnya meminta 30 tahun. Secara garis besar sebenarnya instansi pusat lebih banyak yang meminta 30 tahun ke bawah, namun khusus Kementerian Pendidikan, Agama dan beberapa yang butuh pegawai baru dalam jumlah besar kecuali Kemenkeu tentunya, masih menerapkan batasan yang 35 tahun tadi.

    Bagi teman-teman yang ingin melamar CPNS di daerah bisa bernafas lega karena hampir 100 persen pemda atau pemkot memberlakukan persyaratan umur pendaftaran CPNS 2015 di angka 35 tahun, tapi kita masih perlu memastikannya pada hari pendaftaran nanti karena informasi ini kita dasarkan pada penerimaan tahun lalu. Alangkah bagusnya jika usia anda saat ini benar-benar di bawah 35 thn karena atau belum berulang tahun yang ke 35 pada bulan Juni 2016 mendatang, karena itulah batas aman yang menurut admin sudah pasti bisa melamar menjadi abdi negara tahun ini. Hal tersebut bukan hitungan asal-asalan saja karena semua kami dasarkan pada pengalaman pendafataran di tahun-tahun sebelumnya.

    Informasi tambahan untuk penerimaan CPNS tahun 2015 akan direncanakan menyediakan sekitar 134 ribu formasi, itu jika usulan Kemenpan RB disetujuan Kementerian Keuangan selaku bendahara negara. Dan seperti tahun lalu, penerapan sistem CAT dalam tes kompetensi dasar akan masih terus dilanjutkan dan dilakukan pembenahan dalam kekurangan yang pernah terjadi. Teman-teman bisa menyiapkan diri sejak awal, salah satu yang penting untuk yang ingin melamar di pusat atu pemprov yaitu terkadang dibutuhkan sertifkat TOEFL. Anda bisa membaca ulasan singkat mengenai cara mendapatkan TOEFL ini di www.indotoefl.com, semoga anda semua bisa lolos jadi abdi negara yang baik dan benar.

    No comments