• Breaking News

    STRUKTUR ORGANISASI

    Untuk bisa  mencapai hasil collection seperti yang diharapkan, maka peranan sdm yang terlibat dalam jajaran collection itu sendiri harus benar-benar bisa diandalkan, dan struktur organisasi collection harus dibuat dinamis agar sewaktu-waktu dapat dirubah dan disesuaikan dengan situasi yang berkembang.

    Struktur organisasi collection biasanya terbagi atas struktur kantor cabang dan kantor pusat sebagai berikut :

    -Kantor Pusat:
    §  Direktur
    §  Area/Regional Collection Manager

    -Kantor Cabang :
    §  Collection Head
    §  Remedial Staff
    §  Kolektor
    §  Desk kolektor

    Masing-masing jabatan yang terdapat dalam struktur organisasi collection mempunyai tugas dan tanggung jawab yang jelas yang saling mendukung satu dengan lainnya.

    a.Collection Head
               
    Tanggung jawab:
    v  Menjalankan kegiatan operasional collection cabang agar berjalan dengan baik dan sesuai dengan Standart Operational Procedure (SOP).
    v  Merealisasikan pencapaian target collection cabang

    Tugas-tugas:
    o   Mengkoordinir pelaksanaan tugas-tugas Remedial dan Kolektor
    o   Membuat rencana kerja tim collection per bulan yang berorientasi kepada pencapaian target collection.
    o   Merencanakan dan melaksanakan strategy penyelesaian piutang bermasalah.
    o   Mengontrol hasil kerja serta disiplin kerja anak buah secara rutin.
    o   Membantu pekerjaan anak buah di lapangan.
    o   Memberikan bimbingan, pelatihan dan motivasi kepada remedial dan kolektor.
    o Membuat laporan bulanan collection dan mempertanggungjawabkannya kepada management kantor pusat.
    o Memberikan masukan kepada management pusat jika dianggap perlu adanya suatu perubahan kebijakan yang harus disesuaikan dengan kondisi yang berkembang.
    o   Melakukan evaluasi terhadap kinerja anak buah.
    o   Membina hubungan baik dengan aparat serta tokoh-tokoh masyarakat setempat.

     b.Remedial Staff

    Tanggung jawab :
    v  Menyelesaikan piutang bermasalah dengan cara-cara yang persuasive.
    v  Menahan laju over due ketingkat yang lebih tinggi (bad debt)
    v  Menjaga nama baik perusahaan
     Tugas-tugas:
    o   Melakukan kunjungan penagihan ke rumah konsumen yang dianggap bermasalah.
    o   Mengupayakan pemulihan pembayaran angsuran konsumen agar kembali lancar.
    o   Melacak keberadaan konsumen atau barang jaminan apabila sudah tidak berada lagi di alamat yang tertera pada aplikasi/PK.
    o   Membuat kesepakatan yang pasti dengan konsumen akan kelancaran pembayaran angsuran berikutnya, dengan menandatangani surat pernyataan.
    o   Menarik barang jaminan dari tangan konsumen atau dari tangan pihak ketiga lainnya jika tidak ada kepastian mengenai pembayaran tunggakan atau jika barang tersebut sudah dipindahtangankan.
    o   Menyerahkan barang tarikan dengan utuh (sesuai kondisi pada saat ditarik)  kepada petugas terkait dalam tempo kuramg dari 24 jam.
    o   Menjalin hubungan baik dengan pihak aparat serta tokoh-tokoh masyarakat setempat.

                c.Kolektor

                Tanggung jawab :
    v  Mewujudkan  pencapaian target collection yang ditugaskan kepadanya.
    v  Membendung laju over due ke tingkat yang lebih tinggi
    v  Menjaga nama baik perusahaan

    Tugas-tugas :
    o Melakukan kunjungan penagihan ke rumah konsumen yang minta ditagih ke rumah secara tepat waktu atau ke rumah konsumen yang telah menunggak 2 hari atau lebih.
    o   Menyetorkan hasil tagihan ke kasir sesegera mungkin.
    o Melakukan pembinaan kepada konsumen dengan menyampaikan informasi-informasi yang positif tentang hak dan kewajiban konsumen.
    o Memonitor keberadaan barang jaminan apakah masih ditangan konsumen atau sudah dipindahtangankan ke pihak ketiga.
    o   Melakukan penyelamatan terhadap asset perusahaan (barang jaminan) apabila melihat gejala yang tidak benar pada konsumen.
    o   Memonitor perubahan kondisi sosial ekonomi konsumen, dan melaporkannya kepada atasan apabila  konsumen pindah rumah atau pekerjaan.
    o   Memberikan surat peringatan kepada konsumen yang menunggak.
    o   Membuat kronologis konsumen bermasalah dan menyerahkannya kepada atasan.
     
    d.Desk Kolektor

    Tanggung jawab :
    v  Memonitor dan menampilkan data  konsumen berdasarkan tanggal jatuh tempo.
    v  Mengigatkan konsumen supaya bayar tepat waktu.

    Tugas-tugas :
    o   Mencetak daftar konsumen yang akan jatuh tempo 5 hari kedepan.
    o   Melakukan call kepada konsumen untuk menghimbau agar membayar tepat waktu.
    o   Menyampaikan himbauan melalui SMS
    o Mencatat nama konsumen yang minta ditagih ke rumah dan menyerahkannya kepada Collection Head, untuk selanjutnya dimasukkan dalam jadwal kunjungan kolektor.

    Sifat-sifat yang harus dimiliki oleh Tim Collection (Khususnya Kolektor dan Remedial):
    §  Rajin                                                   
    §  Berani                                                             
    §  Pantang menyerah
    §  Bekerja secara tuntas
    §  Percaya diri
    §  Jujur/bisa dipercaya
    §  Ramah dan sopan
    §  Sabar dan tenang tapi tegas
    §  Integritas yang tinggi
    §  Penuh inisiatif
    §  Disiplin

    Keterampilan Khusus yang harus dimiliki oleh Tim Collection :
    §  Kemampuan menganalisa dan mengenali karakteristik konsumen
    §  Kemampuan berkomunikasi dan diplomasi untuk memenangkan negosiasi.
    §  Kecerdasan dalam mengatur strategy untuk mencapai target                                  
     

    No comments