STRUKTUR ORGANISASI
Untuk bisa
mencapai hasil collection seperti yang diharapkan, maka peranan sdm yang
terlibat dalam jajaran collection itu sendiri harus benar-benar bisa diandalkan,
dan struktur organisasi collection harus dibuat dinamis agar sewaktu-waktu
dapat dirubah dan disesuaikan dengan situasi yang berkembang.
Struktur organisasi collection biasanya terbagi
atas struktur kantor cabang dan kantor pusat sebagai berikut :
-Kantor Pusat:
§ Direktur
§ Area/Regional Collection Manager
-Kantor Cabang :
§ Collection Head
§ Remedial Staff
§ Kolektor
§ Desk kolektor
Masing-masing jabatan yang terdapat dalam struktur
organisasi collection mempunyai tugas dan tanggung jawab yang jelas yang saling
mendukung satu dengan lainnya.
a.Collection
Head
Tanggung
jawab:
v Menjalankan kegiatan operasional
collection cabang agar berjalan dengan baik dan sesuai dengan Standart Operational
Procedure (SOP).
v
Merealisasikan pencapaian target collection
cabang
Tugas-tugas:
o
Mengkoordinir
pelaksanaan tugas-tugas Remedial dan Kolektor
o
Membuat rencana kerja tim collection per bulan
yang berorientasi kepada pencapaian target collection.
o
Merencanakan
dan melaksanakan strategy penyelesaian piutang bermasalah.
o
Mengontrol
hasil kerja serta disiplin kerja anak buah secara rutin.
o
Membantu
pekerjaan anak buah di lapangan.
o
Memberikan
bimbingan, pelatihan dan motivasi kepada remedial dan kolektor.
o Membuat
laporan bulanan collection dan mempertanggungjawabkannya kepada management
kantor pusat.
o Memberikan
masukan kepada management pusat jika dianggap perlu adanya suatu perubahan
kebijakan yang harus disesuaikan dengan kondisi yang berkembang.
o
Melakukan
evaluasi terhadap kinerja anak buah.
o
Membina
hubungan baik dengan aparat serta tokoh-tokoh masyarakat setempat.
b.Remedial
Staff
Tanggung jawab
:
v Menyelesaikan piutang bermasalah dengan
cara-cara yang persuasive.
v Menahan laju over due ketingkat yang lebih
tinggi (bad debt)
v Menjaga nama baik perusahaan
Tugas-tugas:
o
Melakukan
kunjungan penagihan ke rumah konsumen yang dianggap bermasalah.
o
Mengupayakan
pemulihan pembayaran angsuran konsumen agar kembali lancar.
o
Melacak
keberadaan konsumen atau barang jaminan apabila sudah tidak berada lagi di
alamat yang tertera pada aplikasi/PK.
o
Membuat
kesepakatan yang pasti dengan konsumen akan kelancaran pembayaran angsuran
berikutnya, dengan menandatangani surat pernyataan.
o
Menarik
barang jaminan dari tangan konsumen atau dari tangan pihak ketiga lainnya jika
tidak ada kepastian mengenai pembayaran tunggakan atau jika barang tersebut
sudah dipindahtangankan.
o
Menyerahkan
barang tarikan dengan utuh (sesuai kondisi pada saat ditarik) kepada petugas terkait dalam tempo kuramg
dari 24 jam.
o
Menjalin
hubungan baik dengan pihak aparat serta tokoh-tokoh masyarakat setempat.
c.Kolektor
Tanggung jawab :
v
Mewujudkan
pencapaian target collection yang ditugaskan kepadanya.
v
Membendung laju over due ke tingkat yang lebih
tinggi
v
Menjaga nama baik perusahaan
Tugas-tugas :
o Melakukan
kunjungan penagihan ke rumah konsumen yang minta ditagih ke rumah secara tepat
waktu atau ke rumah konsumen yang telah menunggak 2 hari atau lebih.
o
Menyetorkan
hasil tagihan ke kasir sesegera mungkin.
o Melakukan
pembinaan kepada konsumen dengan menyampaikan informasi-informasi yang positif
tentang hak dan kewajiban konsumen.
o Memonitor
keberadaan barang jaminan apakah masih ditangan konsumen atau sudah
dipindahtangankan ke pihak ketiga.
o
Melakukan
penyelamatan terhadap asset perusahaan (barang jaminan) apabila melihat gejala
yang tidak benar pada konsumen.
o
Memonitor
perubahan kondisi sosial ekonomi konsumen, dan melaporkannya kepada atasan
apabila konsumen pindah rumah atau
pekerjaan.
o
Memberikan
surat peringatan kepada konsumen yang menunggak.
o
Membuat
kronologis konsumen bermasalah dan menyerahkannya kepada atasan.
d.Desk Kolektor
Tanggung jawab :
v Memonitor dan menampilkan data konsumen berdasarkan tanggal jatuh tempo.
v Mengigatkan konsumen supaya bayar tepat
waktu.
Tugas-tugas :
o
Mencetak
daftar konsumen yang akan jatuh tempo 5 hari kedepan.
o
Melakukan
call kepada konsumen untuk menghimbau agar membayar tepat waktu.
o
Menyampaikan
himbauan melalui SMS
o Mencatat
nama konsumen yang minta ditagih ke rumah dan menyerahkannya kepada Collection
Head, untuk selanjutnya dimasukkan dalam jadwal kunjungan kolektor.
Sifat-sifat yang harus dimiliki oleh Tim
Collection (Khususnya Kolektor dan Remedial):
§
Rajin
§
Berani
§
Pantang menyerah
§
Bekerja secara tuntas
§
Percaya diri
§
Jujur/bisa dipercaya
§
Ramah dan sopan
§ Sabar dan tenang tapi tegas
§
Integritas yang tinggi
§
Penuh inisiatif
§
Disiplin
Keterampilan
Khusus yang harus dimiliki oleh Tim Collection :
§ Kemampuan menganalisa dan mengenali
karakteristik konsumen
§ Kemampuan berkomunikasi dan diplomasi
untuk memenangkan negosiasi.
§ Kecerdasan dalam mengatur strategy untuk
mencapai target
No comments
Post a Comment