• Breaking News

    STRATEGY COLLECTION


    Desk coll/Adm coll/CMO :
    -          New booking                          : print data per cmo/surveyor
    -          SMS remainder by cmo          : 5 hari sebelum j.tempo
    -          Telecall by desk coll               : 3 hari sebelum j.tempo

    Field Coll :
    -          Area mapping                          : pembagian area, pembagian target yang merata
    -          Target kolektor/remedial         : dimonitor dan di up date setiap hari
    -          Visit cmo                                  : new booking setelah j.tempo 1 – 3 hari
    -          Visit field coll                           : target (selain new booking) stlh 1 -3 hari j.tempo
    -          Surat peringatan                      : SP1=15 hari od, SP2=21 hari od, Trk > 25 hari od
    -          Surat panggilan                       : konsumen obral janji atau motor tdk jelas adanya
    -          Remedial                                  : od > 30 hari
    -          Eksternal                                 : jika masalah dianggap cukup berat

    Monitoring dan Action
    Monitor dan control terhadap AR harus diakukan setiap hari secara intensif dan action harus dilakukan dengan cepat agar permasalahan tidak makin sulit dan menumpuk.

    -          New booking (ang 1 - 3)                    : print data, follow up by cmo
    -          First Installment Default (3 hr)         : cek kendaraan, konfirmasi ulang hak & kewajiban
    -          OD 1 – 30                                          : action secara intensif, jgn sampai mendekati 2 kwt
    -          OD 30 – 90                                        : kerjakan dengan skala prioritas, cepat dan tentukan
           mana  yang hrs ditarik atau yang perlu dijaga ketat,
           ditahan agar jangan sampai bad debt.
    -          OD > 90                                            : diupayakan segera penyelesaian agar persentase
            bad debt tidak lebih dari 2 % (akumulasi).


    Membangun Team yang kuat
    Ciri-ciri team yang kuat adalah : kompak, peduli, berorientasi pada pencapaian target collection, mempunyai sense of belonging, saling berbagi pengalaman.
    Untuk membangun team yang kuat diperlukan hal-hal sbb :
    -          Jumlah sdm yang memadai
    -          Memiliki standar kualifikasi yang memadai
    -          Tantangan dan benefit yang menarik
    -          Training, pelatihan dan bimbingan secara kontinyu
    -          Tingkat  kecerdasan emosional yang cukup baik



    No comments