• Breaking News

    MENGELOLA COLLECTION

    Tujuannya adalah untuk mengendalikan AR agar over due, bad debt dan unit tarikan berada dalam batas yang wajar.

    a.Account Receivable (AR) Policy
    -          Area sales coverage                       : maks. 30 km dari kantor
    -          Cara bayar konsumen                     : kantor, transfer, tagih
    -          Denda, penalty, ongkos tagih         : 0,5 %, 5 % dan Rp.5000,-
    -          Tanggung jawab Ao/surveyor          : sampai lunas, bd/trk angs < 7 kena sangsi
    -          Tanggung jawab tim komite            : maks bd 2 % per tahun
    -          Kategori bad debt                           : od > 90 hari
    -          Write Off                                           : kebijakan direksi

    b.Collection Policy
    -          Target coll akhir bulan/tahun        • Current       : Min 90,0 %
      1-30            : 5,0 %
      31-60          : 1,5 %
      61-90          : 0,5 %
      90 up           : <3 %
    -          Allowance for write off                      : 2 % dari total lending satu tahun
    -          Allowance for repossessed  loss    : 1 % dari total lending satu tahun
    -          Status titip unit tarikan                     : 7 hari kerja

    c.Collection Strategy

    Desk coll/Adm coll/CMO :
    -          New booking                                  : print data per Ao/surveyor
    -          SMS remainder by Ao                  : 5 hari sebelum j.tempo
    -          Telecall by desk coll                      : 3 hari sebelum j.tempo
    Field Coll :
    -          Area mapping                                : pembagian area, pembagian target yang merata
    -          Target kolektor/remedial               : dimonitor dan direview secara rutin
    -          Visit Ao                                           : new booking setelah j.tempo (H + 3)
    -          Visit field coll                                  : target setelah H+3 kecuali request
    -          Surat peringatan                            : SP1=7 hari od, SP2=14 hari od, Trk > 25 hari od
    -          Surat panggilan                              : konsumen obral janji atau motor tdk jelas adanya
    -          Remedial                                        : od > 30 hari
    -          Eksternal                                         : od 90 up atau jika masalah dianggap cukup berat

    d.Membangun Team yang kuat
    Ciri-ciri team yang kuat adalah : kompak, peduli, berorientasi pada pencapaian target collection, mempunyai sense of belonging, saling berbagi pengalaman.
    Untuk membangun team yang kuat diperlukan hal-hal sbb :
    -          Jumlah sdm yang memadai
    -          Memiliki standar kualifikasi yang memadai
    -          Pola pikir yang sejalan (mind set yang sama)
    -          Tantangan dan benefit yang menarik
    -          Training, pelatihan dan bimbingan secara kontinyu
    -          Tingkat  kecerdasan emosional yang cukup baik

    Ciri kolektor yang berkualitas :
    Rajin, jujur, pantang menyerah, berorientasi pada pencapaian target, berani, cerdas, taktis dan diplomatis, tegas tapi tidak kasar.

    e.Monitoring/Controlling dan Action
    Monitor dan control terhadap AR harus diakukan setiap hari secara intensif dan action harus dilakukan dengan cepat agar permasalahan tidak makin sulit dan menumpuk.

    -          New booking (ang 1 - 3)              : print data, follow up by cmo
    -          First Installment Default (3 hr)     : cek kendaraan, konfirmasi ulang hak & kewajiban
    -          OD 1 – 30                                     : action secara intensif, jgn sampai mendekati 2 kwt
    -          OD 30 – 90                                   : kerjakan dengan skala prioritas, cepat dan tentukan
       mana  yang hrs ditarik atau yang perlu dijaga ketat,
       ditahan agar jangan sampai flow ke 90 up
    -          OD > 90                                        : diupayakan segera penyelesaian agar persentase
      bad debt tidak lebih dari 3 % (akumulasi)

    Bandingkan hasil harian atau bulanan yang dicapai oleh masing-masing sdm saat ini terhadap bulan sebelumnya atau beberapa bulan sebelumnya dan analisa letak kelemahan dan kekuatannya.


    No comments