Kualitas Penjulan Dan Pengertian FPD SPD –3MOB FID
Selain
kuantitas penjualan yang harus di jaga dan ditingkatkan, kualitas penjualan
juga harus diperhatikan agar penjualan yang sudah dibukukan dapat menghasilkan
keuntungan bagi perusahaan. Volume penjualan yang besar bila tidak diimbangi
dengan kualitas yang baik, justru akan
membawa kerugian bagi perusahaan karena konsumen tidak melakukan pembayaran
atas pinjaman yang sudah diberikan. Walaupun bisa ada banyak faktor yang mempengaruhi
macet atau tidaknya konsumen, namun secara umum masa 6 bulan pertama setelah
penjualan dianggap sebagai masa awal kredit dimana kondisi konsumen seharusnya
tidak banyak berbeda dengan kondisi pada saat kredit disetujui. Dengan demikian
lancar atau tidaknya pembayaran konsumen dalam 6 bulan pertama biasanya juga
dijadikan ukuran baik atau buruknya kualitas penjualan kredit tersebut.
Beberapa parameter
yang sering digunakan sebagai alat ukur baik atau burunknya penjualan
berdasarkan kinerja pembayaran konsumen adalah sebagai berikut:
- FPD (First Payment Default) : persentase konsumen yang difault (menunggak) dari penjulan bulan sebelumnya
- SPD (Second Payment Default) : persentase konsumen yang difault (menunggak) dari penjulan dua bulan sebelumnya
- TPD/ 3MOB (Third Payment Default/ 3 Month on Book) : persentase konsumen yang difault (menunggak) dari penjulan tiga bulan sebelumnya
- FID (First Installment Default) : persentase konsumen di bucket 30+ dan Tarik Barang dari periode penjualan 6 bulan terakhir (dihitung mulai n-2).
No comments
Post a Comment