• Breaking News

    Kuantitas Penjualan : Pencapaian terhadapt Target

    Sudah menjadi hal yang wajar bila marketing dituntut untuk mencapai target penjualan setiap bulan-nya. Sebagai seorang supervisor dibidang marketing, Head UBA wajib memantau dan memastikan agar target tersebut dapat tercapai. Salah satu laporan yang disiapkan tim MIS Pusat untuk memantau pencapaian target cabang/ kios adalah laporan sales harian yang dikirimkan ke cabang dan regional (contoh laporan terlampir). Dari data laporan penjualan tersebut dapat dilihat pencapaian sales dibanding dengan target yang diberikan dan juga dibandingkan dengan pencapaian di bulan sebelumnya. Dengan laporan ini diharapkan setiap cabang bisa mendapatkan gambaran bagaimana kinerja penjualan dicabangnya. Apakah sudah sesuai dengan target yang diberikan, apakah bertumbuh (growth) atau menurun dibanding dengan bulan sebelumnya serta berapa besar penjualan yang harus diraih untuk mecapai target diakhir bulan.

    Bila dalam satu cabang ada lebih dari 1 orang Head UBA, maka setiap Head wajib mengerti bagaimana kinerja penjualan timnya (AO yang menjadi bawahannya) dibandingkan dengan target bulan tersebut maupun dibandingkan dengan kinerja bulan sebelumnya. Sebagai contoh, bila satu cabang dengan 2 head AO yang masing-masing mebawahi 6 orang AO, memiliki target penjualan di bulan tersebut sebesar 1 milyar. Maka target penjualan untuk setiap tim (bila diasumsikan setiap tim menangani wilayah dengan potensi pasar yang sama) adalah Rp.500.000.000,-. Bila dalam bulan itu ada 25 hari kerja, maka rata-rata target penjualan perhari untuk tiap tim adalah Rp.20.000.000,- (500 juta / 25). Karena setiap tim memiliki 6 orang AO, maka target penjualan rata-rata per AO per hari adalah Rp. 3.333.333,- (20 juta / 6).
     
    Bila total penjualan seorang head UBA sampai dengan tanggal 15 bulan tersebut baru mencapai Rp.200.000.000,- berarti penjualannya masih dibawah target dan penjualan per hari untuk tanggal 16 sampai akhir bulan harus mengalami peningkatan dibanding dengan penjualan per hari dari tanggal 1 sampai 15 agar target penjualan akhir bulan dapat tercapai.

    Selain penjualan per AO, yang juga harus diperhatikan oleh head UBA adalah perjualan per Agen. Dari data tersebut dapat ditentukan agen mana saja yang memberikan sumbangan penjulan paling besar (Agen Pareto) yang perlu diberikan perhatian lebih dibanding dengan agen yang lain. Dapat juga dilakukan analisa perkembangan pejualan per agen untuk memantau agen mana yang penjualannya naik/ turun sehingga dapat dilakukan langkah-langkah untuk menjaga kuantitas penjualan per agen.

    No comments