• Breaking News

    Luar Biasa ! Bonus Atlet Peraih Medali Emas, Indonesia Terbesar Kedua di Dunia

    Sports - Apresiasi luar biasa diberikan pemerintah Indonesia kepada para atlet yang berjuang di Olimpiade Rio 2016. Tak tanggung-tanggung, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) memberikan hadiah Rp5 miliar kepada atlet yang bisa meraih medali emas.


    Selain itu, peraih medali perak juga akan diberi Rp2 miliar dan perunggu 1 miliar. Rencananya, bonus tersebut akan digelontorkan secara resmi pada September mendatang.


    Indonesia mengakhiri ajang Olimpiade Rio 2016 dengan koleksi tiga medali. Satu medali emas direbut dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis. Sedangkan dua medali perak berasal dari cabor angkat besi. Artinya, total bonus yang akan digelontorkan untuk para atlet Indonesia mencapai Rp9 miliar.


    Siapa sangka, bonus uang tersebut merupakan hadiah olimpiade terbesar kedua di dunia. Dari 205 negara peserta yang bertarung di Olimpiade 2016, hanya Singapura yang sanggup memberikan bonus lebih besar ketimbang Indonesia. Negara tetangga seluas 719.1 km2 tersebut berani memberikan uang SGD1 juta atau setara dengan Rp9,7 miliar kepada atlet yang bisa meraih medali emas.

    Joseph Schooling merupakan atlet Singapura yang berhak mendapatkan apresiasi tersebut. Ia mendapat SGD1 juta usai mencetak sejarah sebagai atlet Singapura pertama yang mendapatkan medali emas Olimpiade. Hebatnya, ia menggondol emas setelah mengalahkan perenang top Amerika Serikat (AS), Michael Phelps di nomor renang gaya kupu-kupu 100 meter.

    Sementara itu, atlet AS yang sukses merajai raihan medali Olimpiade Rio 2016, hanya diberi bonus sebesar USD250 ribu untuk tiap keping medali emas. Jumlah tersebut memang kalah besar ketimbang Indonesia atau Singapura. Namun jumlah medali yang didapat atlet sangat banyak sehingga bonus yang diterima juga besar. Secara total, AS menutup Olimpiade Rio 2016 dengan torehan  46 medali emas, 37 perak, dan 38 perunggu.

    Uniknya, tidak semua negara bersedia memberikan bonus kepada para atlet yang mampu meraih medali emas. Britania Raya yang berada di urutan kedua peraih medali terbanyak merupakan salah satu negara yang menerapkan sistem tersebut. Selain Britania Raya, Swedia dan Vanuatu juga terkesan pelit memberikan apresiasi kepada para atlet.[metrotvnews]

    Berikut takaran bonus yang diberikan tiap negara untuk peraih medali emas

    :

    No comments