• Breaking News

    Inilah 10 Pekerjaan Yang Bisa Menerima Semua Jurusan Kuliah

    JOB - Setelah lulus kuliah mau kerja di mana? Bingung cari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah? Tidak usah bingung. Sebenarnya banyak pekerjaan di luar sana yang menunggu. 
    Asal tahu saja, ada banyak pekerjaan yang berbeda dengan jurusan kuliahmu. Beberapa pegawai dalam pekerjaan ini ternyata datang dari segala jurusan. Mau bukti? Berikut ini daftarnya: 
    #1 Teller
    Kebanyakan orang berpikir pegawai bank adalah lulusan jurusan Ekonomi atau Manajemen. Well, you know what…its wrong. Ternyata banyak teller bank yang bukan lulusan jurusan kuliah ekonomi. Simak saja iklan lowongan kerja untuk pegawai bank, persyaratan yang diminta adalah usia maksimal di bawah 30 tahun, memiliki tinggi dan berat badan proporsional, punya skill komunikasi yang baik, dan berstatus single.
    #2 Telemarketing/Customer Service
    Pernah terima telepon yang menawarkan pinjaman tanpa bunga atau bikin kartu kredit? Nah, pekerjaan Telemarketing/Customer Service tidak mensyaratkan lulusan dari jurusan tertentu. Bidang pekerjaan ini mengharuskan kamu bertemu dengan banyak orang, baik bertatap muka atau melalui telepon. Syarat yang terpenting adalah punya skill komunikasi yang baik. Di samping itu, lulusan D3 atau S1.  
    #3 Agen Asuransi
    Pekerjaan sebagai agen asuransi diisi oleh beragam orang dari latar belakang jurusan kuliah atau tingkat pendidikan, bahkan ada lho yang hanya lulusan SMA. Yang terpenting dalam pekerjaan ini adalah kemampuan berkomunikasi dan gigih dalam berusaha. 
    Karena sebagai agen asuransi kamu harus bisa menjelaskan produk yang kamu tawarkan. Hal lain, kamu akan diberi target tertentu yang harus dicapai. Sudah jelas kan kenapa bidang pekerjaan ini tidak mensyaratkan latar belakang jurusan kuliah tertentu?  
    #4 Marketing Executive/Sales
    Seperti halnya agen asuransi, pekerjaan sebagai tenaga Marketing Executive atau Sales diisi beragam pegawai yang punya jurusan berbeda-beda. 
    Bagi seorang Marketing Executive/Sales yang adalah meyakinkan calon pembeli agar membeli produknya dan menjual sebanyak-banyaknya. Lagi-lagi yang dibutuhkan agar sukses dalam pekerjaan ini kemampuan personal, persuasif, dan komunikasi yang baik. Tidak ada hubungannya dengan latar belakang jurusan kuliah tertentu
    #5 Sales Promotion Girl (SPG)
    Sales Promotion Girl (SPG) biasa ditemui di event pameran otomotif/properti. Tak hanya cantik, SPG juga dituntut mampu berkomunikasi dengan baik. Seperti halnya agen asuransi atau Marketing Executive/Sales, SPG harus mampu menjelaskan produk yang dijual dengan baik.
    Biasanya syarat yang diminta perusahaan adalah usia maksimal di bawah 25 tahun, memiliki tinggi dan berat badan proporsional, punya skill komunikasi yang baik, dan berstatus single.
    #6 Penulis 
    Nah, kalau bidang pekerjaan ini sudah banyak contohnya. John Grisham, yang punya latar belakang pengacara, laris manis sebagai penulis buku novel/nonfiksi, ia memiliki kemampuan menuangkan ide-ide cerita ke dalam bentuk tulisan dan yang sudah pasti adalah imajinasinya tinggi. 
    #7 Model/Artis
    Banyak model/artis yang memiliki latar belakang jurusan kuliah beragam bahkan sama sekali tidak berhubungan. Memang bidang pekerjaan ini tidak membutuhkan pendidikan jurusan tertentu, syaratnya berpendidikan, tinggi dan berat badan proposional, dan wajah menarik.
    #8 Guru Les
    Tenaga pendidik tak hanya berlaku bagi jurusan pendidikan, bahkan seorang lulusan jurusan peternakan sekalipun dapat menjadi guru bahasa Inggris asalkan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.  
    #9 Wartawan
    Menjadi wartawan tak harus lulusan ilmu Jurnalistik. Pekerjaan ini membutuhkan wawasan yang luas untuk memahami berbagai isu. Seorang wartawan ekonomi tak harus lulusan jurusan ekonomi, bisa saja ia berasal dari lulusan jurusan hukum atau sains, meskipun latar belakang pengetahuan ekonomi akan sangat membantu. Anda akan dibekali training untuk menulis berita dan melakukan reportase di lapangan. 
    #10 Musisi
    Seperti juga guru les, pekerjaan musisi tidak mengharuskan pelakunya mempunyai latar belakang pendidikan jurusan musik, walaupun ini akan sangat membantu.  
    Ternyata ada banyak profesi yang tidak mengharuskan jurusan pendidikan yang sama dengan pekerjaan yang akan dilamar. Jadi jangan khawatir jurusan kuliah yang kamu tekuni bakal sulit mendapat pekerjaan. [Qerja]

    No comments