• Breaking News

    Mungkin Inilah Alasan Mengapa Anda Malas Membaca Buku

    InTip : Membaca buku memberikan banyak pengetahuan dengan cara relatif murah. Bahkan, cukup duduk santai, kita bisa menjelajahi dunia dari sebuah buku.
    Membaca buku juga memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. Pasalnya, setiap hari dosen pasti akan memberikan materi kuliah dari buku teks yang menjadi acuan. Selain itu, tugas-tugas makalah juga mengharuskan mahasiswa melahap banyak buku sebagai materi analisis.
    Namun sayangnya, sebagian anak muda masih kurang tertarik dengan aktivitas tersebut. Sejumlah alasan ini kerap mendasari kemalasan mereka membaca buku.
    Tidak Memiliki Motivasi
    Kurangnya motivasi membuat mahasiswa tidak memiliki keinginan untuk membaca buku meski sudah tahu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari membaca buku. Agar termotivasi, bergaullah dengan mereka yang mencintai buku. Jangan takut dicap sebagai kutu buku. Faktanya, mereka yang memiliki wawasan luas karena membaca buku adalah orang-orang keren.
    Tidak Konsisten
    Awalnya semangat, namun lama-kelamaan rasa malas mendera. Biasanya begitulah pola inkonsistensi seseorang, termasuk dalam membaca buku. Sebaiknya, jaga konsistensi membaca buku, misalnya dengan menetapkan target akan menghabiskan satu buku setiap minggunya. Kemudian, secara bertahap naikkan target tersebut.
    Tidak Memiliki Waktu
    Ini juga merupakan alasan klasik. Padahal membaca bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Misalnya ketika kamu akan berangkat kuliah dan menggunakan angkutan umum, kamu bisa manfaatkan waktu selama di angkutan umum untuk membaca.
    Tidak Terbiasa
    Bisa karena terbiasa. Jadi, biasakanlah untuk membaca buku halaman demi halaman hingga tamat. Bila sudah menemukan kesenangan dalam membaca, kegiatan itu pun akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

    No comments