• Breaking News

    "Golla Kambu" Makanan Khas Mandar Yang Tahan Lama Tanpa Pengawet



    Golla Kambu adalah salah satu makanan tradisional khas tanah Mandar,  Makanan ini menjadi jajanan utama bagi orang yang berkunjung ke Sulawesi Barat. Disepanjang  jalan majene dan Polewali Mandar kita akan menemukan banyak kios,toko dan warung yang menyediakan makanan ini dengan harga dan rasa yang berbeda-beda.

    Rasanya yang manis dan bervariasi membuat penggemar Golla Kambu semakin meningkat bahkan sampai ke luar Sulawesi. Selain itu, Pembuatan bahan dan cara membuat makanan ini terbilang mudah, hanya dengan menggunakan 3 bahan utama maka kita sudah dapat merasakan kenikmatannya.

    Salah satu keunggulan lain makanan ini adalah tahan lama, meskipun tidak menggunakan bahan pengawet, Golla Kambu mampu bertahan hingga berbulan-bulan yang hanya menggunakan pembungkus dari daun pisang kering. Disamping itu, harganya pun terjangkau dari Rp 10.000 sampai Rp 15.000  per bungkus dengan isi 20 sampai 25 potong.

    Bahan 

    •  Beras Ketang 
    • Kelapa Parut Muda 
    • Gula Merah 
    • Daun Pisang Kering   

    Cara Membuat 
    Campurkan ketiga bahan (beras ketang, kelapa parut muda, Gula merah) ke dalam satu wadah, lalu masak hingga beberapa jam sampai berbentuk adonan-adonan yang keras. Kemudian bungkus dengan daun pisang kering dalam bentuk yang kecil. 

    Inovasi 
    Saat ini Golla Kambu telah memiliki banyak inovasi rasa yang berbeda dari yang sebelumnya. Saat ini para pembuat menambahkan bahan lain seperti durian, sehingga rasa dan aromanyapun durian. Selain durian, juga kita akan menjumpai Golla Kambu rasa kacang. 

    Golla Kambu yang terkenal di Mandar berasal dari Daerah Botto Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar (Polman). 

    Bagi anda yang penasaran silahkan berkunjung ke tanah Mandar, Sulawesi Barat. 

    No comments