• Breaking News

    Siapa Mutiah, Benarkah Mutiah Penghuni Surga Pertama Dari Golongan Wanita ?


    Surga merupakan salah satu dari tanda kekuasaan Allah yang hanya ada pada kehidupan akhirat. Oleh karena itu keberadaannya merupaan perkara ghaib yang wajib diimani oleh setiap muslim. Sebab adanya surga dan neraka telah dijelaskan dalam banyak ayat Alqur’an dan hadits Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam.

    Baca juga# Cara Cari Jodoh Sesuai Tuntunan Islam

    Surga keberadaannya memang telah jelas dalam banyak dalil, tapi tidak menyebutkan secara jelas siapa saja yang akan masuk surga melainkan dengan dalil umum dan bagi orang-orang tertentu. Sebagaimana dalam sebuah hadits shahih, bahwa seorang laki-laki yang akan masuk surga pertama kali adalah Nabi shallallahu’alaihi wa sallam.

    Dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

    “Saya adalah nabi yang paling banyak pengikutnya pada hari kiamat. Dan saya adalah manusia yang pertama kali mengetuk pintu surga.” [HR. Muslim 136]

    Dalam hadits lain disebutkan bahwa para Malaikat penjaga Surga diperintahkan untuk tidak membukakan pintu surga kecuali nabi Muhammad masuk terlebih dahulu, baru kemudian orang-orang shalih setelahnya.

    Wanita Pertama Penghuni Surga
    Jika dalil tersebut menjelaskan siapa yang akan masuk ke surga pertama kali dari golongan laki-laki, lalu bagaimana dengan golongan wanita?

    Beberapa waktu yang lalu mungkin Anda telah mendengar atau bahkan membaca sendiri, banyak situs berita mengabarkan bahwa wanita pertama penghuni surga bernama Muti’ah. Disebutkan dalam cerita, Mutiah masuk surga karena ketaatannya kepada suami.

    Dalam cerita yang tak disebutkan riwayatnya dikatakan bahwa Mutiah didatangi tamu seorang wanita, Fatimah binti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang beliau membawa anaknya yang masih kecil. Mutiah tidak menerima Fatimah lantaran membawa anak laki-laki, karena suaminya tidak mengijinkannya bertemu dengan laki-laki.

    Karena amalan ketaatan pada suami itulah yang menyebabkan Mutiah menjadi wanita pertama penghuni surga setelah Khadijah radhiyallahu’anha.

    Seorang istri berbakti kepada suami adalah perbuatan mulia seperti yang dimiliki Mutiah. Namun, hal itu tidak menunjukkan bahwa Mutiah merupakan penghuni surga pertama karena tidak ada hadits shahih yang menjelaskannya.

    Empat Pemuka Wanita Ahli Surga
    Tidak ada hadits yang jelas menunjukkan urutan kaum wanita masuk ke dalam surga, akan tetapi ada hadits menyatakan ada empat wanita termasuk orang yang masuk surga terlebih dahulu. Siapa saja wanita tersebut?

    “Pemuka wanita ahli surga ada empat: Maryam bintu Imran, Fatimah bintu Rasulillah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Khadijah bintu Khuwailid, dan Asiyah.” [HR. Hakim 4853]

    Hadits tersebut dinilai shahih oleh Adz Dzahabi. Jika Mutiah merupakan ahli surga yang masuk awal tentu saja namanya akan disebutkan dalam hadits tersebut. Sementara belum ada hadits yang secara jelas menyebutkan penghuni surga dari golongan wanita yang masuk pertama kali kecuali hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu’anha di atas.

    No comments