• Breaking News

    Ini Alasan Madura Ingin Mendirikan Propinsi Sendiri


    Madura, merupakan sebuah pulau yang hingga saat ini menjadi bagian dari provinsi Jawa Timur. Namun, sejak beberapa tahun lalu, telah muncul wacana jika Madura ingin melepaskan diri dan menjadi provinsi sendiri. 

    Baru-baru ini, wacana tersebut kembali hangat diperbincangkan masyarakat. Dikabarkan penduduk Madura sedang mempersiapkan menjadi provinsi sendiri. Tidak tanggung-tanggung, mereka mulai membentuk Panitia Persiapan Pembentukan Propinsi Madura (P4M). 

    Sejak beberapa hari yang lalu, orang-orang yang tergabung dalam kepanitiaan tersebut sudah aktif menjalankan tugasnya. Mereka banyak melakukan diskusi dengan berbagai tokoh masyarakat, aktivis hingga para akademisi yang ada di Madura. 

    Tidak hanya itu, anggota dari kepanitiaan tersebut juga melakukan kunjungan ke empat kabupaten yang ada di Madura, Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Kedatangan mereka tersebut bertujuan untuk menggalang dukungan demi terlaksananya wacana ini. 

    Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah (Bakorwil) IV Pamekasan, Jawa Timur, Asyhar mengungkap jika dirinya setuju dengan wacana tersebut. Menurutnya, Madura mempunyai potensi yang cukup baik dan keunikan di beberapa sektor. 

    Sebagai contoh di sektor pangan. Meskipun mempunyai data serapan gabah dan jagung yang lebih rendah dari wilayah lain, rupanya hal itu dikarenakan penduduk Madura suka menyimpan persediaan pangan. "Jadi, barometer nasional terkadang tidak bisa menjadi ukuran dan diberlakukan di Madura," ujar Asyhar. 

    Meski begitu, ia juga mengakui jika dari sumber daya manusia, Madura masih mempunyai banyak kekurangan. Ditambah berbagai persyaratan yang ada di Undang-Undang, Asyhar mengungkap jika perubahan Madura menjadi Provinsi harus dilakukan secara bertahap.

    No comments