• Breaking News

    Bosan Bekerja Dan Gampang Marah

    BOsan bekerja itu hal yang biasa, namun hal ini tak boleh diabaikan. Karena, kebosanan bekerja bisa mengubah seseorang menjadi pemarah, mudah tersinggung, dan kehilangan ide-ide briliannya. Dengan kata lain, bosan bekerja bikin Anda mudah marah.

    Agar tugas-tugas Anda tidak terbengkalai karena Anda mengabaikan kebosanan tersebut, deteksi dulu tanda-tanda bosan bekerja yang biasa dialami karyawan. 

    Pesimis
    Meski tahu produktivitas menurun, Anda tetap tak ingin memperbaikinya. Justru Anda menjadi pasrah dan pesimis karena mulai ragu akan kemampuan dan keahlian Anda.

    Pada tingkat ini, kejenuhan yang dialami sudah termasuk sangat mengganggu. Akhirnya, Anda yang sebelumnya selalu berpikir positif kini menjadi sering mengeluh.

    Tidak Bersemangat
    Berbeda dengan dulu ketika Anda selalu penuh semangat saat pergi kerja, kini Anda malah selalu menanti akhir pekan agar terbebas dari rutinitas yang membuat jenuh. Hal ini biasanya diikuti oleh pertanyaan-pertanyaan terhadap diri sendiri, seperti “Apakah pekerjaan ini ada maknanya?” Sering kali juga, Anda merasa seperti melakukan pekerjaan yang sia-sia. Ini ditambah dengan godaan menunda pekerjaan yang jauh lebih tinggi ketimbang biasanya.

    Mudah Emosi
    Hal-hal kecil yang terjadi di kantor maupun luar kantor menjadi lebih mudah memancing emosi Anda. Ibaratnya kompor, kini Anda berubah menjadi Si Sumbu Pendek yang sangat mudah “meledak”.

    Tentu ini tak menjadi penanda kejenuhan jika sejak awal Anda termasuk tipe yang demikian. Namun bila Anda mengalami hal ini sementara sebelumnya dikenal sebagai sosok periang dan sabar, bisa jadi ini pertanda kejenuhan.

    Sering Tersinggung
    Ciri lain adalah rasa mudah tersinggung dan menjadi pemurung tanpa alasan. Anda yang biasanya lebih santai menghadapi hidup, tiba-tiba sangat sensitif dan menjadi defensif.

    Saat berada dalam kondisi demikian, karyawan yang mengalami kejenuhan cenderung sulit mengendalikan diri dan emosinya.

    Gangguan Berpikir
    Anda menjadi sulit fokus saat sedang bekerja, juga mudah lupa, dan sulit mendapatkan ide-ide brilian Anda. Perlu diingat, enam hal di atas dapat dikategorikan sebagai ciri-ciri kejenuhan apabila sebelumnya Anda tak pernah mengalami hal-hal yang demikian.

    Sulit Dihubungi
    Bila sebelumnya koordinasi berjalan lancar, kini Anda mulai menghindari panggilan tugas secara langsung maupun melalui telepon atau e-mail. Ini juga bisa menjadi penanda kejenuhan yang memuncak.

    Hal ini, umumnya diikuti dengan produktivitas kerja yang menurun drastis dan hasilnya jauh dari yang diharapkan oleh atasan. Keinginan untuk memberikan usaha terbaik yang dulu menggebu-gebu, kini tergantikan dengan rasa lelah dan ingin segera pulang ke rumah.



    No comments