Dikatakan bahwa "imitasi adalah bentuk sanjungan yang tulus", tetapi dalam dunia bisnis, imitasi tidak bisa dihindari, dan tidak menyanjung. Misalnya, iPhone dan iPad produk Apple telah ditiru oleh sejumlah pesaing, seperti HTC dan Samsung, yang telah mendatangkan murka hukum Steve Jobs dan perusahaan. Sementara itu, dalam industri video game, genre cookie cutter adalah norma, dengan masing-masing studio meniru waralaba populer - seperti Call of Duty, World of Warcraft atau Grand Theft Auto - dalam upaya untuk tunai pada tren populer saat ini, daripada memikul risiko yang melekat pada inovasi. Pesaing di China telah mengambil imitasi ke tingkat ekstrim, dengan iPod palsu, iPhone dan iPads tersedia secara bebas di setiap pasar jalan besar. Di dunia ini yang mengandalkan berisiko rendah dan tinggi-imbalan, imitasi jelas mengalahkan inovasi.
 
Namun, benar-benar belajar dari pesaing tidak berarti keluar flat meniru mereka. Meskipun tidak ada kesalahan dalam mengikuti tren keberhasilan pemimpin pasar, seperti Apple, ada cacat dalam imitasi budak. Dalam kasus Apple, peniru Android yang lebih murah telah memberikan Apple hadiah yang tidak diinginkan dari iklan gratis. Orang-orang membeli ponsel Android karena mereka menyerupai iPhone dengan harga lebih murah, tetapi akhirnya gagal untuk memenuhi keinginan mereka untuk real iPhone, yang mengarah ke tingkat turnover tinggi yang menguntungkan Apple. Anda tidak ingin membuat produk yang sangat mirip harga lebih tinggi model pesaing yang menyebabkan pelanggan Anda untuk melihat Anda sebagai inferior, model yang lebih murah. Namun, itu hanya aturan desain produk.
 
Pertama-tama, menyadari pesaing Anda. Perusahaan sering mendapatkan mengejutkan oleh perusahaan yang tidak dianggap sebagai pesaing nyata sampai terlambat. Sebuah contoh nyata adalah jatuh pembuat ponsel Nokia di tangan Apple, yang telah lama dianggap sebagai perusahaan komputer pribadi dengan tidak tertarik pada handset mobile. Google juga dikejutkan software raksasa Microsoft tak terkalahkan dengan cepat mengubah dari mesin pencari menjadi perusahaan perangkat lunak berbasis cloud. Pada gilirannya, situs jejaring sosial Facebook menghantam Google di tempat buta tumbuh melampaui statusnya sebagai situs sosial dan bercabang ke semua sudut dan celah dari web, batas akhir yang Google telah meletakkan klaim untuk. Pelajaran berkumpul di sini adalah bahwa pesaing Anda tidak selalu yang Anda pikir mereka. Selain rekan-rekan industri normal, menyadari mana perusahaan tersembunyi mengancam untuk menyeberang garis industri mengancam bisnis Anda.
 
Menemukan beberapa pesaing utama untuk mengikuti. Komit tenaga kerja Anda untuk mengikuti setiap langkah mereka, dan mencoba untuk mengukur strategi bisnis mereka berdasarkan produk mereka saat ini, rantai pasokan, harga dan kondisi keuangan, jika perdagangan perusahaan publik. Sebagai contoh, Google telah berjuang untuk mengikuti jejak Facebook dengan jaringan sosial, Google+. Anda bisa bertaruh bahwa kedua perusahaan secara menyeluruh mengevaluasi kekuatan dan kelemahan dari yang lain. Facebook memiliki "Like", oleh karena itu Google memiliki "+1". Google mengubah kelompok menjadi lebih user-friendly "Lingkaran" format, sehingga Facebook pemogokan kembali dengan pembenahan halaman Grup ke dalam baru, format yang lebih sederhana. iPhone dan Google Apps? Periksa. Instan berbagi foto dari ponsel pintar? Periksa. Semacam ini cepat api tit-for-tat adalah apa yang perusahaan Anda perlu tetap kompetitif dan di depan pesaing Anda. Pastikan produk Anda memiliki semua janji pesaing Anda dan banyak lagi - mudah-mudahan dengan harga lebih rendah.
 
Terakhir, ikuti opini publik tentang pesaing Anda. Baca ulasan produk, dan komentar diposting oleh pengguna yang sebenarnya. Mencatat tinjauan baik serta buruk, dan melihat bagaimana Anda dapat menggunakan saran ini bebas untuk mengubah produk Anda sendiri. Menjaga jari Anda pada denyut nadi konsumen sehari-hari, yang cukup peduli untuk mengirim nya pendapat online, dapat membantu menghindari kesalahan desain produk bencana. Menyiapkan halaman jejaring sosial - Twitter dan Facebook - dan mengundang diskusi publik tentang produk Anda dapat membuat Anda mendapat informasi tentang kekuatan dan kelemahan dibandingkan dengan kompetisi.