• Breaking News

    Jika BALANIPA Terbentuk Polman Ganti Nama


    Polewali Mandar adalah salah satu kabupaten dari enam kabupaen di sulawesi barat. Dalam waktu dekat ini pemerintah akan memekar kabupaten polewali mandar jadi dua bagian wilayah yakni bagian timur dan barat. Adapun bagian barat akan dibentuk dengan nama kabupaten BALANIPA.

    Saat ini kedua bagian wilayah masing-masing dihuni oleh dua suku yang besar, bagian barat di dominasi oleh suku Mandar dan bagian timur di dominasi oleh suku Pattae'.

    Jika benar Balanipa akan terbentuk kemungkinan besar tokoh-tokoh besar di daerah bagian timur akan merubah nama kabupaten polewali mandar. tujuan perubahan nama tersebut bukan berarti tidak meniadakan suku Mandar di daerah bagian timur, namun karena perencanaan pembentukan Kab BALANIPA yang secara geografis memetakkan wilayah bahwa daerah pusat Mandar adalah Balanipa.

    Dengan pembentukan kabupaten BALANIPA ini tentunya akan mengundang reaksi positif bagi segenap masyarakat POLMAN, akan lebih banyak  wilayah yang terakomodir dan terawat oleh pemerintah, mengingat luas wilayah di daerah ini cukup menyusahkan bagi pemerintah setempat karena medan perjalanan yang sangat tidak memungkinkan untuk dijangkau. 

    Rencana pemekeran Balanipa banyak tersiar Issu kepentingan politik menengah, salah satunya dengan rencana perubahan nama kabupan Polewali Mandar. 

    Diantara nama yang disiapkan yang pernah terdengar oleh penulis antara lain :

    1. Kab. Polewali Pattae'
    2. Kab. Polewali Mammesa'
    3. Kab. Polewali
    4. Kab. Palili'

    Eke menuru' sammane' aka coco'...silahkan koment

    No comments