Penjelasan Makna Warna Pada Desain Logo
Pada artikel kali ini, saya akan membahas Penjelesan Makna Warna Pada Desain Logo. Baiklah
langsung saja kita bahas. Warna adalah bagian yang penting dalam suatu
desain. Banyak para desainer yang harus berfikir ekstra untuk memperoleh
warna yang tepat untuk desainnya.
Apakah
anda tahu bahwa setiap warna itu memiliki makna yang berbeda-beda
sehinga menimbulkan kesan dan efek psikologi yang berbeda-beda juga?
Sebuah
logo yang baik bukan hanya logo yang indah dan menarik, Namun juga
dapat menggambarkan pesan dan emosi mengenai brand tersebut. Warna dalam
logo berfungsi sebagai pemicu pada psikologis sehingga membuat orang
yakin bahwa brand kita adalah pilihan yang terbaik.
Berikut Makna emosi yang terpadat pada warna untuk desain logo :
1. Biru : Kepercayaan, keyakinan, tenang dan serius
Biru
adalah warna yang paling cocok untuk bisnis karena membangkitkan rasa
keseimbangan dan serius tapi tenang. Seperti warna biru pada air laut,
dengan menggunakan warna biru pada logo, anda mendorong orang untuk
yakin dan melihat keseriusan anda pada bisnis tersebut. Inilah mengapa
warna biru cocok untuk menghiasi logo untuk perusahaan yang bergerak di
bidang problem solving.
Warna
biru yang terang membangkitkan kepercayaan dan ketenangan. Warna biru
yang gelap membangkitkan kesan kecerdasan dan profesional.
2. Ungu : Ambisi, unik, misterius dan independen.
Warna
ungu cenderung membangkitkan emosi yang spesifik. Itulah yang membuat
warna ungu menjadi warna yang menarik, dan memiliki kesan yang unik.
Warna ungu cocok untuk dihubungkan dengan perusahaan-perusahaan mewah seperti perhiasan, mobil mewah, dan perusahaan kecantikan.
3. Merah : Passion, cinta, sensualitas, intensitas dan kemarahan.
Warna
merah adalah warna yang paling sering digunakan dalam pembuatan logo.
Banyak restoran dan produk makanan yang menggunakan warna ini pada
logonya, karena warna merah dapat membangkitkan gairah dan intensitas
dalam semua hal.
Sebagai
contoh banyak perusahaan atau restoran cepat saji yang menggunakan
warna dominan merah di logonya. Hal ini berfungsi akan menimbulkan
hasrat dan keinginan pada calon pelanggannya untuk mencobanya.
4. Hijau : Harmoni, ambisi, segar, dan natural.
Warna
hijau memiliki makna yang berkaitan dengan alam, keuangan dan keamanan.
Banyak perusahaan rekreasi dan wisata alam terbuka yang menggunakan
warna hijau pada logonya untuk memberi kesan natural dan harmonis.
Jika
anda ingin mendesain logo untuk perusahaan yang ada hubungannya dengan
alam seperti perusahaan peralatan kemah, perawatan pekarangan, keuangan
ataupun makanan yang berhubungan dengan kesehatan akan sangat efektif
jika menggunakan warna dominan hijau pada logonya
Artikel Terkait : Alasan Mengapa Usaha Anda Harus Memiliki Logo
5. Coklat : Kenyamanan, kekuatan, maskulin, mewah.
Diantara
semua warna, warna coklat adalah warna yang paling sederhana. Warna
coklat mencerminkan nyaman, gagah dan maskulin. Warna coklat tua adalah
warna coklat yang paling umum digunakan yang tampaknya memiliki pesan
khusus kepada calon pelanggan bahwa mereka menawarkan produk atau jasa
yang akan menimbulkan rasa nyaman dan aman.
Karena warna cokelat berdekatan dengan warna emas. Warna coklat juga dapat dijadikan sebagai simbol kemewahan.
6. Oranye : Keberanian, Kesenangan, Ketegasan dan Antusiasme
Warna
oranye adalah warna yang dapat mendeskripsikan berbagai emosi dan
makna. Makna yang paling mencerminkan warna oranye adalah ketegasan.
Warna oranye tidaklah sekuat warna merah untuk membangkitkan emosi dan
gairah namun juga tidak cukup gelap untuk menjadi halus. Warna oranye
sangat mudah untuk kontras warna, contohnya jika memadukan warna oranye
dengan warna gelap misalnya hitam. Maka akan menampilkan kesan yang
tegas dan serius.
Oranye
akan cocok untuk logo brand yang berani dan tegas namun jenis produk
dan jasanya merupakan hal yang halus dan innocent. Seperti mainan,
tempat wisata, tempat penitipan anak dan sebagainya.
7. Kuning : Damai, kegembiraan, energik, dan suka cita.
Warna
kuning adalah warna cerah yang secara alami membangkitkan emosi
kebahagiaan jika dibandingkan dengan warna lain. Kesan kebahagiaan pada
warna kuning akan hilang jika dipadukan dengan warna gelap dan akan
menjadikannya lebih tegas dan serius.
Inilah
alasan mengapa warna kuning sering digunakan pada logo yang
menggambarkan kekanak-kanakan. Warna kuning lebih cocok dengan
perusahaan yang mencerminkan dengan hiburan, anak-anak dan keluarga.
8. Putih : Kepolosan, kemurnian, dan bersih.
Tidak
banyak perusahaan yang menggunakan putih sebagai warna dominan pada
logonya. Warna putih mungkin hanya dijadikan warna background atau latar
belakang logo. Perusahaan yang memiliki warna dominan putih adalah
perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang akan sering digunakan.
Dengan
adanya warna putih mutlak pada logo anda maka akan menampilkan makna
pesan kepada pelanggan untuk memilih produk anda dan menyakinkan mereka
tidak akan menyesal jika memilih produk tersebut.
9. Hitam : Misterius, kuat, elegan dan duka.
Cobalah
untuk sedikit menggunakan warna hitam pada logo anda jika sedang
mendesain logo untuk menampilkan kesan kuat dan kokoh. Semakin banyak
warna hitam pada logo anda, maka semakin besar kesan kuat yang melekat
pada perusahaan anda.
Misalnya
perusahaan produk olahraga seperti adidas, nike dan puma. Dengan
lambang yang full warna hitam membuat orang-orang yang memakai produknya
merasa lebih kuat.
Ya
itulah Makna warna pada logo yang telah saya rangkum. Bagaimana menurut
anda? saya akan sangat senang jika anda berbagi pendapat anda di kolom
komentar.
Padukan warna logo anda agar sesuai dengan image dan citra perusahaan anda. Semoga artikel ini bermanfaat.
Jika anda butuh jasa desain logo silahkan contact kami, kami akan membuatkan logo yang terbaik dan sesuai keinginan anda.
No comments
Post a Comment