• Breaking News

    Penjelasan Makna Warna Pada Desain Logo

    Pada artikel kali ini, saya akan membahas Penjelesan Makna Warna Pada Desain Logo. Baiklah langsung saja kita bahas. Warna adalah bagian yang penting dalam suatu desain. Banyak para desainer yang harus berfikir ekstra untuk memperoleh warna yang tepat untuk desainnya.
     
    Apakah anda tahu bahwa setiap warna itu memiliki makna yang berbeda-beda sehinga menimbulkan kesan dan efek psikologi yang berbeda-beda juga? 

    Sebuah logo yang baik bukan hanya logo yang indah dan menarik, Namun juga dapat menggambarkan pesan dan emosi mengenai brand tersebut. Warna dalam logo berfungsi sebagai pemicu pada psikologis sehingga membuat orang yakin bahwa brand kita adalah pilihan yang terbaik.

    Berikut Makna emosi yang terpadat pada warna untuk desain logo :

    1. Biru : Kepercayaan, keyakinan, tenang dan serius

    Biru adalah warna yang paling cocok untuk bisnis karena membangkitkan rasa keseimbangan dan serius tapi tenang. Seperti warna biru pada air laut, dengan menggunakan warna biru pada logo, anda mendorong orang untuk yakin dan melihat keseriusan anda pada bisnis tersebut. Inilah mengapa warna biru cocok untuk menghiasi logo untuk perusahaan yang bergerak di bidang problem solving.

    Warna biru yang terang membangkitkan kepercayaan dan ketenangan. Warna biru yang gelap membangkitkan kesan kecerdasan dan profesional.

    2. Ungu : Ambisi, unik, misterius dan independen.

    Warna ungu cenderung membangkitkan emosi yang spesifik. Itulah yang membuat warna ungu menjadi warna yang menarik, dan memiliki kesan yang unik. 

    Warna ungu cocok untuk dihubungkan dengan perusahaan-perusahaan mewah seperti perhiasan, mobil mewah, dan perusahaan kecantikan.

    3. Merah : Passion, cinta, sensualitas, intensitas dan kemarahan.

    Warna merah adalah warna yang paling sering digunakan dalam pembuatan logo. Banyak restoran dan produk makanan yang menggunakan warna ini pada logonya, karena warna merah dapat membangkitkan gairah dan intensitas dalam semua hal.

    Sebagai contoh banyak perusahaan atau restoran cepat saji yang menggunakan warna dominan merah di logonya. Hal ini berfungsi akan menimbulkan hasrat dan keinginan pada calon pelanggannya untuk mencobanya.

    4. Hijau : Harmoni, ambisi, segar, dan natural.

    Warna hijau memiliki makna yang berkaitan dengan alam, keuangan dan keamanan. Banyak perusahaan rekreasi dan wisata alam terbuka yang menggunakan warna hijau pada logonya untuk memberi kesan natural dan harmonis.

    Jika anda ingin mendesain logo untuk perusahaan yang ada hubungannya dengan alam seperti perusahaan peralatan kemah, perawatan pekarangan, keuangan ataupun makanan yang berhubungan dengan kesehatan akan sangat efektif jika menggunakan warna dominan hijau pada logonya


    5. Coklat : Kenyamanan, kekuatan, maskulin, mewah.

    Diantara semua warna, warna coklat adalah warna yang paling sederhana. Warna coklat mencerminkan nyaman, gagah dan maskulin. Warna coklat tua adalah warna coklat yang paling umum digunakan yang tampaknya memiliki pesan khusus kepada calon pelanggan bahwa mereka menawarkan produk atau jasa yang akan menimbulkan rasa nyaman dan aman. 

    Karena warna cokelat berdekatan dengan warna emas. Warna coklat juga dapat dijadikan sebagai simbol kemewahan.

    6. Oranye : Keberanian, Kesenangan, Ketegasan dan Antusiasme

    Warna oranye adalah warna yang dapat mendeskripsikan berbagai emosi dan makna. Makna yang paling mencerminkan warna oranye adalah ketegasan. Warna oranye tidaklah sekuat warna merah untuk membangkitkan emosi dan gairah namun juga tidak cukup gelap untuk menjadi halus. Warna oranye sangat mudah untuk kontras warna, contohnya jika memadukan warna oranye dengan warna gelap misalnya hitam. Maka akan menampilkan kesan yang tegas dan serius.

    Oranye akan cocok untuk logo brand yang berani dan tegas namun jenis produk dan jasanya merupakan hal yang halus dan innocent. Seperti mainan, tempat wisata, tempat penitipan anak dan sebagainya.

    7. Kuning : Damai, kegembiraan, energik, dan suka cita.

    Warna kuning adalah warna cerah yang secara alami membangkitkan emosi kebahagiaan jika dibandingkan dengan warna lain. Kesan kebahagiaan pada warna kuning akan hilang jika dipadukan dengan warna gelap dan akan menjadikannya lebih tegas dan serius.

    Inilah alasan mengapa warna kuning sering digunakan pada logo yang menggambarkan kekanak-kanakan. Warna kuning lebih cocok dengan perusahaan yang mencerminkan dengan hiburan, anak-anak dan keluarga.

    8. Putih : Kepolosan, kemurnian, dan bersih.

    Tidak banyak perusahaan yang menggunakan putih sebagai warna dominan pada logonya. Warna putih mungkin hanya dijadikan warna background atau latar belakang logo. Perusahaan yang memiliki warna dominan putih adalah perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang akan sering digunakan.

    Dengan adanya warna putih mutlak pada logo anda maka akan menampilkan makna pesan kepada pelanggan untuk memilih produk anda dan menyakinkan mereka tidak akan menyesal jika memilih produk tersebut.

    9. Hitam : Misterius, kuat, elegan dan duka.

    Cobalah untuk sedikit menggunakan warna hitam pada logo anda jika sedang mendesain logo untuk menampilkan kesan kuat dan kokoh. Semakin banyak warna hitam pada logo anda, maka semakin besar kesan kuat yang melekat pada perusahaan anda.

    Misalnya perusahaan produk olahraga seperti adidas, nike dan puma. Dengan lambang yang full warna hitam membuat orang-orang yang memakai produknya merasa lebih kuat.

    Ya itulah Makna warna pada logo yang telah saya rangkum. Bagaimana menurut anda? saya akan sangat senang jika anda berbagi pendapat anda di kolom komentar.

    Padukan warna logo anda agar sesuai dengan image dan citra perusahaan anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

    Jika anda butuh jasa desain logo silahkan contact kami, kami akan membuatkan logo yang terbaik dan sesuai keinginan anda.

    No comments