Mindset Yang Mesti Anda Miliki Sebagai Pebisnis
"Terlalu banyak
berkhayal dan bermimpi sangat membuang-buang waktu, kenapa tidak gunakan
waktu tersebut untuk berusaha mewujudkannya?" ~ @Refife_Quotes
Mindset atau pola pikir
anda dapat tercerminkan berdasarkan tindakan dan tingkah laku anda, dan
setiap tindakan tentu akan menghasilkan hasil yang berbeda. Pola pikir
setiap orang dapat dirubah, tentu atas dasar usaha dan seberapa besar
kemauan orang tersebut untuk merubah pola pikirnya.
Pola pikir yang baik dan positif tentu menghasilkan hasil yang baik dan positif juga, kesuksesan dan keberhasilan seseorang berasal dari pola pikirnya. Jika sobat ingin menjadi seorang pengusaha berarti sobat harus memiliki mental dan pola pikir sebagai berikut :
1. Bertanggung jawab Atas Semua Hasil Dan Keputusan
Menjadi entrepreneur berarti memulai sebuah bisnis dari 0, jadi segala keputusan, konsekuensi dan hasilnya adalah tanggung jawab anda. Berbeda ketika anda menjadi seorang pegawai, anda tinggal melakukan tugas anda tanpa harus memikirkan hasilnya bagi perusahaan.
Ketika anda menjadi pengusaha anda harus mempunyai rasa tanggung jawab yang besar karena anda tak hanya bertanggung jawab kepada diri anda sendiri, tetapi juga kepada usaha anda dan para pegawai anda.
2. Selalu Ingin Tahu Dan Belajar
Ketika anda menjadi seorang pengusaha anda akan mempelajari banyak hal baru, berbeda ketika anda menjadi pegawai yang hanya membutuhkan keterampilan tertentu saja. Jika anda tidak bisa memperkerjakan seseorang pada posisi tertentu, tentu anda yang juga akan mengisi posisi tersebut kan?
Jadi mau tidak mau anda harus memiliki keterampilan dan keahlian yang diperlukan untuk mengisi posisi tersebut. Jadi sifat selalu ingin tahu dan selalu belajar sangat diperlukan untuk menjadi seorang entrepreneur.
3. Dapat Terbiasa Dengan Ketidaknyamanan
Sebagai seorang karyawan anda tidak perlu memikirkan masalah perusahaan, karena bagaimanapun kondisi perusahaan tersebut anda tetap akan mendapatkan gaji yang sama dan rutin setiap bulannya.
Tetapi ketika anda mencoba membuka usaha sendiri dan menjadi seorang wirausahawan anda harus keluar dari zona nyaman tersebut dan terbiasa dengan ketidaknyamanan penghasilan usaha anda yang kadang naik turun dan jadikan hal tersebut bagian dari proses pembelajaran.
4. Mencintai Usaha Dan Pekerjaan Anda
Sebagai pegawai terkadang tentu anda akan melakukan tugas yang anda tidak sukai hanya untuk mendapatkan gaji.
Ketika anda memutuskan memulai sebuah usaha, pastikan anda memilih bidang yang anda cintai jadi anda tidak perlu merasa seperti bekerja setiap harinya misalnya seperti pemain bola, pekerjaan mereka adalah hobi mereka jadi sama saja mereka tidak bekerja setiap harinya melainkan melakukan hobi mereka.
5. Memiliki Visi Misi Jangka Pendek Dan Jangka Panjang
Seorang pegawai biasanya hanya fokus kepada pekerjaan yang jangka pendek saja, tetapi jika anda menjadi wirausahawan anda juga harus memikirkan dan membangun visi dan misi jangka pendek dan jangka panjang dan menjalankan keduanya bersamaan.
Jika terlintas sebuah ide yang bagus untuk usaha anda, jangan hanya di simpan dalam benak tetapi cobalah untuk mewujudkannya.
6. Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin
Bekerja 8 jam sehari atau bekerja pada waktu yang sama setiap harinya adalah rutinitas bagi seorang pegawai, tetapi tidak dengan seorang entrepreneur. Sebagai seorang entrepreneur tentu anda bisa lebih bebas mengatur waktu dan miliki banyak waktu luang, tetapi jangan gunakan waktu tersebut untuk bermalas-malasan.
Ketika baru memulai usaha memang diperlukan waktu yang cukup banyak untuk merencanakan usaha anda kedepannya dan meraih untung yang sebanyak-banyaknya tetapi jika usaha anda sudah cukup membuahkan hasil maka anda akan memiliki lebih banyak lagi waktu luang.
7. Tidak Takut Melanggar Aturan
Anda tidak perlu takut melanggar aturan karena andalah yang membuat aturan tersebut, berbeda dengan seorang karyawan karena melanggar aturan maka bisa berdampak pemutusan hubungan kerja.
Ya walaupun aturan mengikat semua orang, tentu anda tidak mau melanggar peraturan yang ada didepan para karyawan-karyawan anda kan? tetapi dengan itu anda tidak terlalu terikat dengan aturan dan lebih leluasa melakukan hal apapun, jadi manfaatkanlah hal tersebut untuk mencari sesuatu hal yang baru dan berbeda untuk memajukan usaha anda secara positif.
8. Mulailah Dari Sekarang
Banyak orang yang bingung dari mana mereka harus memulai membuka usaha dan menjadi seorang entrepreneur, saran saya mulailah dari sekarang dan jangan menunda-nunda waktu.
Jika anda masih seorang karyawan cobalah untuk membuka usaha yang tidak terlalu menyita banyak waktu anda dan mintalah bantuan kepada anggota keluarga anda, jika penghasilan dari usaha anda sudah lebih besar dari gaji bulanan anda maka itu saatnya untuk lebih fokus untuk mengembangkan usaha anda.
Pola pikir yang baik dan positif tentu menghasilkan hasil yang baik dan positif juga, kesuksesan dan keberhasilan seseorang berasal dari pola pikirnya. Jika sobat ingin menjadi seorang pengusaha berarti sobat harus memiliki mental dan pola pikir sebagai berikut :
1. Bertanggung jawab Atas Semua Hasil Dan Keputusan
Menjadi entrepreneur berarti memulai sebuah bisnis dari 0, jadi segala keputusan, konsekuensi dan hasilnya adalah tanggung jawab anda. Berbeda ketika anda menjadi seorang pegawai, anda tinggal melakukan tugas anda tanpa harus memikirkan hasilnya bagi perusahaan.
Ketika anda menjadi pengusaha anda harus mempunyai rasa tanggung jawab yang besar karena anda tak hanya bertanggung jawab kepada diri anda sendiri, tetapi juga kepada usaha anda dan para pegawai anda.
2. Selalu Ingin Tahu Dan Belajar
Ketika anda menjadi seorang pengusaha anda akan mempelajari banyak hal baru, berbeda ketika anda menjadi pegawai yang hanya membutuhkan keterampilan tertentu saja. Jika anda tidak bisa memperkerjakan seseorang pada posisi tertentu, tentu anda yang juga akan mengisi posisi tersebut kan?
Jadi mau tidak mau anda harus memiliki keterampilan dan keahlian yang diperlukan untuk mengisi posisi tersebut. Jadi sifat selalu ingin tahu dan selalu belajar sangat diperlukan untuk menjadi seorang entrepreneur.
3. Dapat Terbiasa Dengan Ketidaknyamanan
Sebagai seorang karyawan anda tidak perlu memikirkan masalah perusahaan, karena bagaimanapun kondisi perusahaan tersebut anda tetap akan mendapatkan gaji yang sama dan rutin setiap bulannya.
Tetapi ketika anda mencoba membuka usaha sendiri dan menjadi seorang wirausahawan anda harus keluar dari zona nyaman tersebut dan terbiasa dengan ketidaknyamanan penghasilan usaha anda yang kadang naik turun dan jadikan hal tersebut bagian dari proses pembelajaran.
4. Mencintai Usaha Dan Pekerjaan Anda
Sebagai pegawai terkadang tentu anda akan melakukan tugas yang anda tidak sukai hanya untuk mendapatkan gaji.
Ketika anda memutuskan memulai sebuah usaha, pastikan anda memilih bidang yang anda cintai jadi anda tidak perlu merasa seperti bekerja setiap harinya misalnya seperti pemain bola, pekerjaan mereka adalah hobi mereka jadi sama saja mereka tidak bekerja setiap harinya melainkan melakukan hobi mereka.
5. Memiliki Visi Misi Jangka Pendek Dan Jangka Panjang
Seorang pegawai biasanya hanya fokus kepada pekerjaan yang jangka pendek saja, tetapi jika anda menjadi wirausahawan anda juga harus memikirkan dan membangun visi dan misi jangka pendek dan jangka panjang dan menjalankan keduanya bersamaan.
Jika terlintas sebuah ide yang bagus untuk usaha anda, jangan hanya di simpan dalam benak tetapi cobalah untuk mewujudkannya.
6. Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin
Bekerja 8 jam sehari atau bekerja pada waktu yang sama setiap harinya adalah rutinitas bagi seorang pegawai, tetapi tidak dengan seorang entrepreneur. Sebagai seorang entrepreneur tentu anda bisa lebih bebas mengatur waktu dan miliki banyak waktu luang, tetapi jangan gunakan waktu tersebut untuk bermalas-malasan.
Ketika baru memulai usaha memang diperlukan waktu yang cukup banyak untuk merencanakan usaha anda kedepannya dan meraih untung yang sebanyak-banyaknya tetapi jika usaha anda sudah cukup membuahkan hasil maka anda akan memiliki lebih banyak lagi waktu luang.
7. Tidak Takut Melanggar Aturan
Anda tidak perlu takut melanggar aturan karena andalah yang membuat aturan tersebut, berbeda dengan seorang karyawan karena melanggar aturan maka bisa berdampak pemutusan hubungan kerja.
Ya walaupun aturan mengikat semua orang, tentu anda tidak mau melanggar peraturan yang ada didepan para karyawan-karyawan anda kan? tetapi dengan itu anda tidak terlalu terikat dengan aturan dan lebih leluasa melakukan hal apapun, jadi manfaatkanlah hal tersebut untuk mencari sesuatu hal yang baru dan berbeda untuk memajukan usaha anda secara positif.
8. Mulailah Dari Sekarang
Banyak orang yang bingung dari mana mereka harus memulai membuka usaha dan menjadi seorang entrepreneur, saran saya mulailah dari sekarang dan jangan menunda-nunda waktu.
Jika anda masih seorang karyawan cobalah untuk membuka usaha yang tidak terlalu menyita banyak waktu anda dan mintalah bantuan kepada anggota keluarga anda, jika penghasilan dari usaha anda sudah lebih besar dari gaji bulanan anda maka itu saatnya untuk lebih fokus untuk mengembangkan usaha anda.
No comments
Post a Comment