Teori Menentukan Lokasi Industri
Teori lokasi industri muncul untuk
menemukan lokasi yang terbaik secara ekonomis bagi suatu industri. Teori
lokasi industri dikemukakan oleh beberapa tokoh. Antara lain: Webber,
Losch, Hotelling, dan Pred.
Analisis wilayah pasar model hotelling
Tujuan analisis wilayah pasar model
hotelling adalah menganalisis strategi lokasi dua industri yang bersaing
merebutkan suatu wilayah pasar. Menurut Hotelling, elastisitas
permintaan akan mendorong difusi industri.
Teori lokasi industri dari Webber
Teori lokasi industri dari Webber
dikenal dengan sebutan least cost location. Isi pokok teori lokasi
industri dari Webber adalah lokasi industri dipilihkan di tempat-tempat
yang biayanya paling minimal.
Teori lokasi industri optimal dari Losch
Teori lokasi industri optimal dari Losch
berdasarkan permintaan (demand). Menurut Losch, lokasi optimal suatu
industri adalah lokasi yang dapat menguasai wilayah pemasaran yang
terluas.
Pendekatan perilaku menurut Pred.
Pred menyusun matriks perilaku yang
dapat digunakan untuk menganalisis pengambilan keputusan tentang
berbagai lokasi. Pada prinsipnya, orang bisnis dengan pengetahuan yang
terbatas, tetapi memiliki kecakapan yang tinggi akan mengambil keputusan
yang berbeda jika dibandingkan dengan orang yang memiliki pengetahuan
yang luas, tetapi memiliki kecakapan yang terbatas.
No comments
Post a Comment