• Breaking News

    Membangun Kerjasama Team Dalam Perusahaan / Oraganisasi Anda

    Kerja atau bekerja secara tim atau kelompok biasanya akan  lebih efektif dari pada bekerja secara perorangan, karena hasil kerja dan pemikiran lebih dari satu orang pasti lebih baik dari pada hasil pemikiran satu orang saja. Bekerjasama dalam Tim ini selalu  dilakukan baik dalam suatu unit kerja  maupun dalam kegiatan organisasi atau  kegiatan sosial kemasyarakatan  lainnya.

    Tim itu mempunyai arti sebagai  Kelompok yang memiliki keterikatan dan  interaksi harmonis baik  itu dalam pola pikir, emosi, motivasi  dan pola tindak  yang akan  memacu terhadap terjadinya perubahan, pertumbuhan serta  perkembangan pribadi  atau organisasi. Sedangkan  kelompok  sendiri memiliki arti  sebagai suatu Unit dari sekumpulan orang yang terdiri dari dua orang atau  lebih, dan satu sama lain saling berinteraksi untuk mencapai tujuan tang telah ditetapkan bersama.

    Kerja tim ini  tentu tidak akan mencapai hasil yang optimal  apabila visi, misi dan  strategi organisasi tersebut kurang imaginable, feasible dan communicable. Kondisi ini akan lebih buruk lagi bila  moral atau  semangat tim serta  kemampuan  dan  kreatifitas anggota tim sangat  rendah, apalagi jika pemberdayaan anggota tidak efektif,  peran anggota team tidak jelas, selalu ada konflik dan ada kepribadian yang dominan, lebih tidak baik lagi bila tim tersebut tertutup untuk dievaluasi.

    Bekerja secara tim ini sebetulnya memiliki  manfaat yang sangat baik bila tim ini dibangun secara efektik. Menurut Robert B. Maddux dalam  bukunya “Team Building “menyebutkan bahwa beberapa manfaat   yang diperoleh dengan membangun tim yang efektik diantaranya adalah  ;

    (1) Bila Sasaran  itu  realistis pasti dapat dicapai secara optimal;
    (2) Setiap anggota team memiliki komitmen untuk saling mendukung dan  saling membantu;
    (3) Komunikasi bersifat terbuka sehingga setiap anggota akan terdorong untuk memikirkan permasalahan yang ada;
    (4) Pemecahan masalah lebih efektif;
    (5) Umpan balik kinerja  yang dapat menjadi acuan anggota apakah kinerjanya sesuai dengan tujuan tim ;
    (6) Konflik diterima sebagai hal yang wajar, karena suatu wahana untuk penyelesaian masalah;
    (7) Adanya Keseimbangan tercapainya produktivitas tim dengan pemenuhan kebutuhan  individu.
    Selain itu anggota tim juga akan termotivasi dengan  ide-ide dan pengembangan   potensi dirinya, serta  menyadari pentingnya disiplin sebagai kebiasaan kerja, disamping bahwa  bekerjasama dalam team juga akan menumbuhkan prestasi yang lebih baik dan diperolehnya  penghargaan atas  kontribusi serta hasil yang dicapai.

    Ada beberapa ciri-ciri yang dapat dilihat dari tim yang efektif,  diantaranya yaitu bahwa setiap anggota :

    1.    Menyadari ada saling ketergantungan antara mereka
    2.    Merasa ikut memiliki team atau kelompok mereka
    3.    Memiliki kontribusi terhadap organisasi;
    4.    Saling percaya dan  terbuka;
    5.    Selalu berkomunikasi dengan  tulus;
    6.    terdorong untuk  menambah keterampilan;
    7.    Menyadari  jika konflik adalah hal yang wajar;
    8.    Berpartisipasi aktif dalam setiap pengambilan keputusan 

    Mengingat bahwa terdapat  ketidak sempurnaan kemampuan setiap manusia  dalam menyelesaikan berbagai masalah, maka jalan terbaik adalah  dengan bekerja secara tim, dan selanjutnya  membangun kerjasama tim (Team Building)  untuk  menjadi  tim yang efektif. Membangun kerjasama tim (Team Building)  ini sebetulnya bukan hanya dalam unit kerja atau organisasi saja, tetapi juga baik bila dilakukan di dalam kehidupan keluarga .

    No comments