• Breaking News

    Hal-Hal Yang Bisa Membuat Kita Bahagian Di Tempat Kerja

                                                                                                                    
    Happy ditempat kerja, inilah yang sering dicari orang.
    Anda juga begitu, bukan? Nah, karena paling sering menjadi perhatian orang, tak heran topik ini pun telah mengilhami banyak peneliti untuk melakukan studi.

    Mereka ingin tahu, apa yang menjadi penyebab kebahagiaan di tempat kerja? Apakah gaji menjadi faktor utama? Atau ada faktor lain?

    Baru-baru ini, John Graham Ph.D, seorang guru besar di University of Calgary beserta muridnya Micheal Shier yang kini bekerja di University of Pennsylvania membuat survei kepada 2500 orang. Temuannya menarik sekalipun banyak yang disuvei adalah social workers. Menurut mereka, inilah beberapa hal yang membuat orang happy ditempat kerja:

    Flexible work schedules.
     
    Orang ingin punya waktu yang lentur sehingga bisa mencapai keseimbangandalam hidup yang sehat, healthy work – life balance.

    A strong sense of engagement in their work.

    Orang ingin mendapat dukungan dari atasan/bosnya. Dukungan yang kuat dan tulus akan membuat seseorang bersemangat.

    A feeling of being appreciated and valued.

    Karyawan akan merasa bahagia diapresiasi dan dihargai, entah itu pikirannya maupun ucapannya. Salah satunya dalam pengambilan keputusan.

    Having a high degree of freedom.
     
    Selain fleksibilitas, karyawan juga diberi kebebasan tinggi dalam pekerjaannya sehingga mereka bisa mencoba hal-hal baru dalam lingkup pekerjaannya (selama tidak bertentangan dengan aturan perusahaan loh...).

    A pleasant physical workspace and good relationship with client colleagues.

    Karyawan akan merasa bahagia jika ruang kerjanya bersih dan sehat. Mereka tambah nyaman jika lingkungannya menerima dan menciptakan hubungan yang baik.

    Having a diversity of responsibilities.

    Berilah tanggung jawab yang jelas. Terkadang malah yang membuat karyawan senang adalah ketika diberi beragam tanggung jawab. Itu artinya, mereka diberi beragam pekerjaan.

    Having a mentor.

    Sebagai manusia biasa, karyawan juga punya persoalan. Graham dan Shier menemukan bahwa karyawan akan merasa bahagia jika dia punya seorang mentor yang mau mendengarkan dan ngobrol, bukan hanya persoalan kerja dan karir, tapi juga kehidupan sehari-hari.

    Itulah yang ditemukan Graham dan Shier. Nah, apakah kita sudah mendapat hal-hal diatas? Atau ingin menambahkan faktor-faktor lain? Apapun, kebahagian ditempat kerja, menurut Graham dan Shier, kita perlu mengupayakan untuk mendapatkannya.

    No comments