PROSES KREDIT Dan APLIKASINYA
Pengertian :
Keberhasilan collection (AR yang baik) dalam suatu
perusahaan pembiayaan bisa diperoleh apabila didukung oleh infra struktur yang
memadai, sdm yang berkualitas dan adanya sinergi yang saling menopang antara
bagian yang satu dengan yang lain.
Kebijakan marketing yang bertujuan
untuk meningkatkan volume kredit, harus dibuat dengan terlebih dahulu
mempertimbangkan faktor-faktor resiko yang mungkin terjadi.
Faktor-faktor penyebab terjadinya kredit macet dalam aplikasinya:
a.Internal
- SDM (Surveyor/Tim Komite/Kolektor)Kompetensi dan Integritas
- Credit Scheme dan Credit PolicyBunga terlalu tinggi, uang muka rendah, tenor panjang, target lending dan growth terlalu tinggi, persaingan yang tidak sehat
- Collection PolicySistem dan prosedur penagihan yang tidak tepat, cara pembayaran yang sulit, birokrasi yang berbelit-belit, media kontrol yang lemah
- Information Technology (IT)Program dan kapasitas computer yang tidak mendukung,tidak on line semua cabang
b.Eksternal
1. Konsumen/debitur
1. Konsumen/debitur
Nakal/karakter jelek, kena musibah, income menurun, bangkrut
- Dealer, Agent, Network, Sumber order lainnyaMemaksakan kehendak, intimidasi, suap
- Mediator/Showroom/Non-Channel/Member Get MemberMemaksakan, suap, rekayasa data, persekongkolan
- Kendaraan/Objek kreditSering rusak, tidak branded, result value rendah
- AsuransiTLO, claim dipersulit
- Kondisi Ekonomi/force mayorKerusuhan, bencana alam, krisis moneter
Performance Collection dalam
Perusahaan Pembiayaan bisa dikatakan baik apabila telah memenuhi criteria-criteria
seperti berikut ini :
Þ
Tingkat kolektibilitas tinggi (90% current)
Þ
Over due yang rendah dan
terkendali
Þ
Bad Debt/NPL
rendah ( < 3 % )
Þ
Recovery level tinggi atas repossession (> 100%)
Agar hal tersebut diatas bisa dicapai, maka perlu diambil
langkah-langkah sebagai berikut :
A. TINDAKAN PREVENTIF (Pra Kredit)
B. COLLECTION MANAGEMENT (Pasca Kredit)
C. ACCOUNT RECEIVABLE POLICY
D. COLLECTION POLICY
E. STRUKTUR ORGANISASI
F. STRATEGY COLLECTION
G.PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
B. COLLECTION MANAGEMENT (Pasca Kredit)
C. ACCOUNT RECEIVABLE POLICY
D. COLLECTION POLICY
E. STRUKTUR ORGANISASI
F. STRATEGY COLLECTION
G.PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
No comments
Post a Comment