• Breaking News

    PROSES KREDIT Dan APLIKASINYA


    Pengertian :

    Keberhasilan collection (AR yang baik) dalam suatu perusahaan pembiayaan bisa diperoleh apabila didukung oleh infra struktur yang memadai, sdm yang berkualitas dan adanya sinergi yang saling menopang antara bagian yang satu dengan yang lain.
    Kebijakan marketing yang bertujuan untuk meningkatkan volume kredit, harus dibuat dengan terlebih dahulu mempertimbangkan faktor-faktor resiko yang mungkin terjadi.

    Faktor-faktor penyebab terjadinya  kredit macet dalam aplikasinya:

    a.Internal
    1. SDM (Surveyor/Tim Komite/Kolektor)Kompetensi dan Integritas
    1. Credit Scheme dan Credit PolicyBunga terlalu  tinggi, uang muka rendah, tenor panjang, target lending dan growth terlalu tinggi, persaingan yang tidak sehat
    1. Collection PolicySistem dan prosedur penagihan yang tidak tepat, cara pembayaran yang sulit, birokrasi  yang berbelit-belit, media kontrol yang lemah
    1. Information Technology (IT)Program dan kapasitas computer yang tidak mendukung,tidak on line semua cabang

    b.Eksternal

        1. Konsumen/debitur
       Nakal/karakter jelek, kena musibah, income menurun, bangkrut
    1. Dealer, Agent, Network, Sumber order lainnyaMemaksakan kehendak, intimidasi, suap
    1. Mediator/Showroom/Non-Channel/Member Get MemberMemaksakan, suap, rekayasa data, persekongkolan
    1. Kendaraan/Objek kreditSering rusak, tidak branded, result value rendah
    1. AsuransiTLO, claim dipersulit
    1. Kondisi Ekonomi/force mayorKerusuhan, bencana alam, krisis moneter
    Performance Collection dalam Perusahaan Pembiayaan bisa dikatakan baik apabila telah memenuhi criteria-criteria seperti berikut ini :
    Þ    Tingkat kolektibilitas tinggi (90% current)
    Þ    Over due yang rendah dan terkendali
    Þ    Bad Debt/NPL  rendah ( < 3 % )
    Þ    Recovery level tinggi atas repossession (> 100%)

    Agar hal tersebut diatas bisa dicapai, maka perlu diambil langkah-langkah sebagai berikut :




    No comments