Mengembangkan Strategi Pemasaran
Pemasaran yang efektif dimulai dengan dipertimbangkan, strategi pemasaran baik informasi. Sebuah strategi pemasaran yang baik membantu Anda menentukan tujuan visi, misi dan bisnis Anda, dan
menjelaskan langkah-langkah yang perlu
Anda ambil untuk mencapai tujuan tersebut.
Strategi pemasaran Anda mempengaruhi cara Anda menjalankan seluruh bisnis Anda, sehingga harus direncanakan dan dikembangkan dalam konsultasi dengan tim Anda. Ini adalah alat perencanaan strategis berjangkauan luas dan komprehensif yang:
- menggambarkan bisnis Anda dan produk dan jasa
- menjelaskan posisi dan peran produk dan jasa di pasar
- profil pelanggan Anda dan pesaing Anda
- mengidentifikasi taktik pemasaran yang akan Anda gunakan
Strategi pemasaran Anda mempengaruhi cara Anda menjalankan seluruh bisnis Anda, sehingga harus direncanakan dan dikembangkan dalam konsultasi dengan tim Anda. Ini adalah alat perencanaan strategis berjangkauan luas dan komprehensif yang:
- menggambarkan bisnis Anda dan produk dan jasa
- menjelaskan posisi dan peran produk dan jasa di pasar
- profil pelanggan Anda dan pesaing Anda
- mengidentifikasi taktik pemasaran yang akan Anda gunakan
- memungkinkan Anda untuk membangun sebuah rencana pemasaran
dan mengukur efektivitasnya.
Sebuah strategi pemasaran menetapkan arah dan tujuan untuk pemasaran Anda, dan karena itu berbeda dari rencana pemasaran, yang menguraikan tindakan yang akan Anda ambil untuk menerapkan strategi pemasaran Anda. Strategi pemasaran Anda dapat dikembangkan untuk beberapa tahun ke depan, sementara rencana pemasaran Anda biasanya menggambarkan taktik yang akan dicapai dalam tahun berjalan.
Tulis strategi pemasaran yang sukses
Strategi pemasaran yang berkembang dengan baik akan membantu Anda menyadari tujuan bisnis Anda dan membangun reputasi yang kuat untuk produk Anda. Sebuah strategi pemasaran yang baik akan membantu Anda menargetkan produk dan jasa Anda kepada orang-orang yang paling mungkin untuk membelinya. Ini biasanya melibatkan Anda menciptakan satu atau dua ide yang kuat untuk meningkatkan kesadaran dan menjual produk Anda.
Mengembangkan strategi pemasaran yang mencakup komponen-komponen yang tercantum di bawah akan membantu Anda membuat sebagian besar investasi pemasaran Anda, tetap
pemasaran
Anda terfokus, dan mengukur dan meningkatkan hasil penjualan Anda.
Mengidentifikasi tujuan bisnis Anda
Untuk mengembangkan strategi pemasaran Anda, mengidentifikasi tujuan bisnis menyeluruh Anda, sehingga Anda kemudian dapat menentukan serangkaian tujuan pemasaran untuk mendukung mereka. Tujuan bisnis Anda mungkin mencakup:
- meningkatkan kesadaran produk dan jasa
- menjual lebih banyak produk dari pemasok tertentu
- mencapai segmen pelanggan baru.
Ketika menetapkan tujuan itu penting untuk menjadi seperti yang ditargetkan mungkin sehingga Anda dapat secara efektif mengukur hasil terhadap apa yang ditetapkan untuk mencapai. Sebuah kriteria sederhana untuk penetapan tujuan adalah metode SMART:
- Spesifik - menyatakan dengan jelas apa yang ingin Anda capai
- Measurable - mengatur langkah-langkah nyata sehingga Anda dapat mengukur hasil Anda
- Tujuan set yang berada dalam kemampuan Anda dan anggaran - Achievable
- Tujuan yang ditetapkan yang akan membantu Anda meningkatkan aspek-aspek tertentu dari bisnis Anda - relevan
- Terikat waktu - tujuan set Anda dapat mencapai dalam waktu Anda membutuhkannya.
Nyatakan tujuan pemasaran Anda
Mendefinisikan satu set tujuan pemasaran tertentu berdasarkan tujuan bisnis Anda tercantum di atas. Tujuan ini akan memotivasi Anda dan tim Anda dan membantu Anda patokan keberhasilan Anda.
Contoh tujuan pemasaran meliputi peningkatan penetrasi pasar (menjual produk lebih ada untuk pelanggan yang sudah ada) atau pengembangan pasar (menjual produk yang ada ke pasar target baru). Tujuan pemasaran ini bisa jangka panjang dan mungkin memakan waktu beberapa tahun untuk berhasil mencapai. Namun, mereka harus jelas dan terukur dan memiliki kerangka waktu untuk pencapaian.
Pastikan strategi Anda secara keseluruhan juga praktis dan terukur. Sebuah strategi pemasaran yang baik tidak akan berubah setiap tahun, namun direvisi ketika strategi Anda sudah dicapai atau tujuan pemasaran Anda telah dipenuhi. Juga, Anda mungkin perlu untuk mengubah strategi Anda jika pasar eksternal Anda berubah karena pesaing baru atau teknologi baru, atau jika produk Anda secara substansial berubah.
Riset pasar Anda
Penelitian merupakan bagian penting dari strategi pemasaran Anda. Anda perlu untuk mengumpulkan informasi tentang pasar Anda, seperti ukuran, pertumbuhan, tren dan demografi (statistik kependudukan seperti usia, jenis kelamin dan tipe keluarga) sosialnya. Hal ini penting untuk mengawasi pasar Anda sehingga Anda mengetahui setiap perubahan dari waktu ke waktu, sehingga strategi Anda tetap relevan dan bertarget.
Penelitian merupakan bagian penting dari strategi pemasaran Anda. Anda perlu untuk mengumpulkan informasi tentang pasar Anda, seperti ukuran, pertumbuhan, tren dan demografi (statistik kependudukan seperti usia, jenis kelamin dan tipe keluarga) sosialnya. Hal ini penting untuk mengawasi pasar Anda sehingga Anda mengetahui setiap perubahan dari waktu ke waktu, sehingga strategi Anda tetap relevan dan bertarget.
Profil pelanggan potensial Anda
Gunakan riset pasar untuk mengembangkan profil pelanggan yang Anda targetkan dan mengidentifikasi kebutuhan mereka.
Profil tersebut akan mengungkapkan pola pembelian mereka, termasuk bagaimana mereka membeli, di mana mereka membeli dan apa yang mereka beli. Sekali lagi, secara teratur meninjau tren sehingga Anda tidak kehilangan peluang baru atau menjadi tidak relevan dengan pesan pemasaran Anda.
Sementara Anda mencoba untuk mencari pelanggan baru, pastikan strategi pemasaran Anda juga memungkinkan Anda untuk mempertahankan hubungan dengan pelanggan yang ada.
Profil pesaing Anda
Demikian pula, sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda, Anda harus mengembangkan profil dari pesaing Anda dengan mengidentifikasi produk mereka, rantai pasokan, harga dan taktik pemasaran.
Gunakan ini untuk mengidentifikasi keunggulan kompetitif Anda - apa yang membuat bisnis Anda terpisah dari pesaing Anda. Anda juga mungkin ingin untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan proses internal Anda sendiri untuk membantu meningkatkan kinerja Anda dibandingkan dengan pesaing Anda.
Mengembangkan strategi untuk mendukung tujuan pemasaran Anda
Daftar target pasar Anda dan menyusun serangkaian strategi untuk menarik dan mempertahankan mereka. Sebuah gol contoh bisa untuk meningkatkan kesadaran kaum muda tentang produk Anda. Strategi yang sesuai Anda bisa untuk meningkatkan kehadiran media sosial online Anda dengan posting update reguler tentang produk Anda di Twitter dan Facebook; iklan di majalah lokal ditargetkan untuk anak muda; dan menawarkan diskon untuk pelajar.
Gunakan '5P pemasaran'
Mengidentifikasi bauran pemasaran taktis Anda menggunakan 5P pemasaran. Jika Anda dapat memilih kombinasi yang tepat dari pemasaran seluruh produk, harga, promosi, tempat dan orang-orang, strategi pemasaran Anda lebih mungkin untuk menjadi sukses.
Menguji ide-ide Anda
Dalam memutuskan taktik Anda, melakukan riset online, menguji beberapa ide dan pendekatan pada pelanggan Anda dan staf Anda, dan meninjau apa yang berhasil. Anda akan perlu memilih sejumlah taktik dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan Anda, mencapai pelanggan dalam target pasar Anda dan meningkatkan hasil penjualan Anda.
No comments
Post a Comment