• Breaking News

    Apa Itu 5C Dalam Marketing ?

    Tujuan
    1. Untuk memahami tujuan 5C dalam penerapannya diproses survey lapangan
    2. Sebagai acuan dalam proses analisa kelayakan konsumen
    5 C LIMA DASAR YANG DIJADIKAN SEBAGAI ACUAN DALAM MENGANALISA KELAYAKAN KONSUMEN


    Yang dimaksud dengan karakter adalah : Sifat ,gaya hidup,kondisi keluarga,hubungan dengan lingkungan yang berhubungan dengan kepribadian seseorang.
    Exampe : jenis pekerjaan,jenis perusahaan ,jabatan ,pendidikan,kredit macet.


    Yang dimaksud dengan kapasitas adalah : Kemampuan financial calon konsumen untuk membayar angsuran yang tertera pada SKB 017 mengenai rasio angsuran
    Example : akumulasi total penghasilan konsumen per bulan + total penghasilan pasangan + biaya- biaya lainnya baik itu biaya listrik,air,by keperluan dan pendidikan anak,by kredit lainnya jika ada,kemudian dikurangi dengan angsuran Bess Finance yang menghasilkan rasio angsuran yang tidak boleh > 30 % dengan nilai score AKK > 66,99 % .


    Sejumlah uang yang diserahkan pertama kali untuk mendapatkan asset ( pinjaman ) dimana besarnya uang muka akan menggambarkan kemampuan calon konsumen untuk membayar angsuran .
    Example : perabot rumah tangga yang dimiliki,alat transportasi yang dimiliki,modal usaha,tempat usaha,jika ada kartu kredit dicantumkan,serta pinjaman lainnya jika ada.


    Yang dimaksud adalah jaminan yang diserahkan oleh calon konsumen untuk menjamin kredit yang diberikan
    Example : nm pasangan yang bertindak sekaligus sebagai penjamin,kendaraan yang dijaminkan,jenis kendaraan ,warna,kondisi fisik kendaraan ,type,harga (OTR),tenor bpkb,hubungan ,nama bpkb,nomor bpkb,tanggal stnk.


    Yang dimaksud adalah : kondisi ekonomi yang dapat mempengaruhi perekonomian konsumen ada 2 yaitu
    • Makro : kondisi ekonomi secara local / nasional /global yang dapat mempengaruhi perkonomian rakyat.
    • Mikro : Pekerjaan atau usaha yang dimiliki callon konsumen ( jenis pekerjaaan ,lama bekerja,status ,dll ).


    No comments