Untuk Meningkatkan Profit Terapkan Strategi Customer Retention Marketing
Russell Conwen – Seorang motivator
handal yang telah memberikan motivasi lebih dari 6000 kali – pernah
menyatakan bahwa banyak orang terlalu sibuk mencari kebahagian,
kesempatan, dan lain sebagainya di berbagai tempat, kecuali “kakinya”
sendiri. Padahal jika mau sedikit saja melihat ke diri sendiri, di
sanalah kebahagiaan itu dapat dengan mudah ditemukan.
Pernyataan motivator
tersebut sesungguhnya dapat diterjemahkan dalam dunia bisnis dan
menjadi salah satu rahasia terbesar meningkatkan keuntungan sebuah
usaha. Mengapa disebut rahasia? Hal ini dikarenakan sebagian pebisnis
lupa memaksimalkan yang telah ada, sementara mereka sibuk mencari
peluang baru dan konsumen baru.
Anda tentu harus segera mengubah mindset
jika selama ini selalu berusaha mencari pelanggan baru, kemudian mulai
menyusun customer retention marketing. Strategi ini sendiri dalam dunia
ekonomi diartikan sebagai cara untuk membuat pelanggan bisa tetap setia
dengan layanan perusahaan sekaligus membuat pelanggan membeli lebih
sering dan lebih banyak.
Apa saja yang bisa dilakukan agar
strategi customer retention marketing sukses dijalankan? Mari simak
informasi selengkapnya berikut ini:
1. Tawarkan Lebih Banyak Produk dan Layanan
Apapun jenis bisnis yang dijalankan,
pasti ada satu bahkan lebih banyak produk maupun layanan tambahan yang
bisa ditawarkan. Anda tentu saja dapat memanfaatkan hal ini untuk
meningkatkan keuntungan perusahaan.
Jika Anda adalah seorang trainer
profesional misalnya, Anda dapat menawarkan produk suplemen sebagai
salah satu layanan kepada konsumen. Begitu juga jika bergerak di bidang
jasa penyewaan alat-alat pesta, Anda dapat melengkapinya dengan
menyediakan layanan badut untuk ulang tahun maupun make up. Dengan
demikian, konsumen akan merasa lebih nyaman karena mereka mendapatkan
banyak kebutuhan hanya dengan satu kali transaksi.
2. Lebih Banyak Buat Penawaran
Beberapa pebisnis berpikiran bahwa
mereka harus mendapatkan konsumen agar bisa melakukan penjualan, padahal
sebenarnya Anda perlu melakukan penawaran barang dan jasa terlebih
dahulu untuk mendapatkan konsumen. Setelah konsumen didapatkan,
pekerjaan Anda tinggal membuat penawaran secara berkala dan sesuai
dengan kebutuhan pelanggan agar mereka tertarik bertransaksi lebih
banyak.
3. Memberikan Hadiah Kepada Pembeli yang Sering Melakukan Transaksi
Anda mungkin memiliki satu atau beberapa
konsumen yang hampir selalu membeli apapun penawaran yang diberikan,
kan? Jika iya, apa yang telah Anda lakukan untuk mengapresiasi mereka?
Apakah Anda telah menghubungi secara personal dan menyampaikan rasa
terima kasih? Apakah Anda memberikan bonus kepada mereka?
Jika belum, maka segera lakukan
secepatnya. Anda perlu mengetahui bahwa orang menyukai pengakuan, dan
sebuah hadiah atau ucapan terima kasih atas pembelian yang dilakukan
dapat membuat mereka puas sehingga tidak akan segan mengulangi transaksi
di kesempatan berikutnya.
4. Bonus Bagi Pelanggan dengan Pembelian Terbanyak
Hampir sama dengan poin diatas, memberikan bonus bagi konsumen dengan
pembelian terbanyak adalah langkah yang perlu dilakukan sebagai
strategi mendapatkan keuntungan lebih. Hal ini akan memicu konsumen
untuk terus melakukan pembelian karena tertarik dengan bonus yang
diberikan.
5. Membuat Grup “VIP”
Secara umum, setiap orang menyukai
ekslusifitas dan perasaan memiliki. Anda dapat memanfaatkan sisi ini
untuk membuat grup khusus yang memberikan penawaran menarik bagi
pesertanya, mulai dari potongan harga hingga bonus tertentu. Hal ini
merupakan salah satu cara terbaik untuk memicu transaksi lebih banyak.
6. Analisa Kebutuhan Pelanggan
Mengetahui kebutuhan pelanggan adalah hal yang perlu dilakukan bukan
hanya untuk meningkatkan pelayanan, namun juga untuk menjaga kepuasan
konsumen. Lakukan penelitian kecil terhadap apa yang disukai dan tidak
disukai pelanggan, kemudian aplikasikan dalam produk maupun jasa yang
ditawarkan.
7. Komunikasi Persuasif
Menjaga komunikasi dengan pelanggan
perlu dilakukan agar mereka tahu perkembangan bisnis yang tengah
dijalankan. Anda dapat menginformasikan produk terbaru maupun penawaran
khuss lewat pesan singkat hingga newsletter agar mereka tetap update.
8. Jual Produk dan Jasa yang Bisa “Diperbarui”
Juallah produk maupun jasa yang dapat
diperbarui agar pelanggan terus-menerus melakukan transaksi pembelian.
Anda yang bergerak body building yang menawarkan suplemen makanan bisa
mendapatkan keuntungan, karena:
- Suplemen makanan dapat dijual karena sesuai dengan bisnis yang dijalankan
- Suplemen makanan merupakan produk yang dapat diperbarui karena jika telah menggunakan, pelanggan akan membelinya kembali apabila telah habis.
Anda tidak perlu bersusah payah
meningkatkan keuntungan bisnis karena nyatanya hal ini bisa dilakukan
dengan memaksimalkan potensi pelanggan yang telah ada. Sudahkah Anda
siap meraih keuntungan maksimal dengan strategi customer retention
marketing?
No comments
Post a Comment